Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sebut Koalisi Ecek-ecek

NasDem Bikin KIB Murka

Rabu, 28 September 2022 06:40 WIB
Zulfan Lindan. (Dok.FraksiPartaiNasdem).
Zulfan Lindan. (Dok.FraksiPartaiNasdem).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai NasDem dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sedang cekcok. Pemicunya, ada seorang Ketua DPP Partai NasDem bernama Zulfan Lindan meledek KIB, yang diisi Golkar, PAN, dan PPP dengan menyebut koalisi ecek-ecek. Mendengar hal ini, para anggota KIB pun murka.

Ledekan Zulfan ke KIB itu keluar saat diskusi Adu Perspektif dengan tema 'Membaca Manuver Tabloid, Dewan Kolonel, hingga Isu Dendam Lama', Senin (26/9). Dalam kesempatan itu, Zulfan membedakan KIB yang sudah membentuk koalisi dengan partainya yang saat ini masih penjajakan dengan Demokrat dan PKS untuk membentuk koalisi.

Kata dia, KIB dengan koalisi NasDem-PKS-Demokrat, tidak bisa disamakan. "Lainlah, kalau KIB jangan disamakan dengan koalisi ini. KIB itu kan koalisi ecek-ecek," cetusnya.

Baca juga : Pentolan KIB Ngaku Heran

Dia mendapat kabar bahwa KIB sebatas wadah bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bila tak dicalonkan jadi presiden oleh PDIP. Artinya, kelahiran KIB karena ada kepentingan tertentu. Sementara, koalisi NasDem-PKS-Demokrat adalah koalisi mengusung ide.

"Jadi kualitasnya beda. Kuantitasnya sama-sama tiga partai, tapi kualitasnya berbeda," klaimnya.

Dia lalu menyinggung posisi PPP yang sempat diterpa konflik internal. Dengan kondisi ini, dia meragukan soliditas KIB.

Baca juga : Digitalisasi Bikin UMKM Naik Kelas

"Kita lihat saja lah PPP-nya walaupun sudah ada Plt masih berantakan. Masih ada upaya ke PTUN dan macem-macem. Bagaimana kita mau bilang solid. Ya, kan? Kita nggak tahu apa lagi yang terjadi terhadap Golkar atau PAN," imbuhnya.

Mendengar ini, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi meledek balik dengan menyebut koalisi NasDem-PKS, dan Demokrat sebatas fatamorgana. Sebab, sampai saat ini koalisi itu tak kunjung juga deklarasi.

“Ayo dong segera dideklarasikan, sebagaimana Golkar, PAN, PPP mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) secara resmi, tapi sampai detik ini, belum juga ada deklarasi tiga partai itu. Jangan sampai membangun koalisi fatamorgana, dinarasikan di awang-awang, tidak turun ke bumi politik Indonesia, he-he-he," ujar Viva sambil tertawa kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Nadiem Sebut RUU Sisdiknas Bikin PAUD Makin Berkualitas

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi kesal dengan pernyataan Zulfan itu. Dia menegaskan, KIB merupakan koalisi konkret, yang pertama terbentuk untuk Pemilu 2024. Sementara, NasDem, hingga saat ini belum juga mendeklarasikan koalisi secara sah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.