Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Usai Upacara Di Lubang Buaya

Prabowo Mepet Jokowi

Minggu, 2 Oktober 2022 07:01 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berbincang dengan Presiden Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Wapres Maruf Amin ikut menyimak. (Foto: YouTube)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berbincang dengan Presiden Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Wapres Maruf Amin ikut menyimak. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang disebut-sebut sedang lengket-lengketnya dengan Presiden Jokowi, terus menunjukkan kemesraannya dengan mantan lawan duel di Pilpres 2019 itu. Terbaru kemarin saat mereka bertemu di upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta. Prabowo pepet terus Jokowi. 

Upacara itu, dimulai pukul 8 pagi ini. Acara disiarkan langsung oleh akun YouTube Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Sekretariat Presiden. 

Jokowi menjadi Inspektur Upacara. Sejumlah pemimpin tinggi lembaga negara ikut hadir dan berpartisipasi dalam upacara. 

Baca juga : Kepala BNPT: Pancasila Adalah Ideologi Terbaik Di Dunia

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, disusul dengan mengheningkan cipta.

Setelah itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila. Dilanjutkan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar, dan Ketua DPR Puan Maharani membacakan ikrar. 

Setelah itu, acara dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan diakhiri menyanyikan lagu kebangsaan. Usai prosesi upacara, Jokowi dan rombongan lalu meninggalkan tempat upacara.

Baca juga : Jokowi Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Jokowi dan Ibu Iriana bersama Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury, awalnya berkeliling lebih dulu. Para menteri mengikuti dari belakang. Di ujung tenda, Jokowi kemudian melewati Prabowo. Prabowo awalnya hanya menganggukkan kepala, lalu menyetop ajudan Jokowi yang berada tak jauh dari Jokowi. Prabowo memegang lengan sang ajudan lalu membisikkan sesuatu di telinganya. Setelah selesai bicara dengan ajudan Jokowi, Prabowo bergegas menyusul Jokowi di paling depan. 

Setelah berada di samping Jokowi, Prabowo menyapa Jokowi, lalu mengangkat tangan memberikan hormat. Mengetahui disapa Prabowo, Jokowi menghentikan langkahnya. 

Prabowo kemudian terlihat berbincang dan menjelaskan sesuatu ke Jokowi. Tangannya bergerak-gerak memberikan penekanan. Jokowi menanggapinya dengan wajah serius.

Baca juga : Prabowo: Mungkin Saja

Wapres Ma'ruf Amin yang berada tak jauh di belakang Jokowi, memperhatikan Jokowi dan Prabowo yang sedang berbincang itu. Jokowi dan Prabowo ngobrol sekitar 30-an detik. Ma’ruf terpaksa ikut menunggu, tapi tak ikut ngobrol. 

Setelah selesai ngobrol dengan Jokowi, Prabowo lantas menyalami Ma'ruf dan berjalan ke arah berbeda. Sementara Jokowi dan para menteri langsung meninggalkan acara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.