Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ratusan Emak emak Deklarasi Lawan Hoaxs & Ujaran Kebencian

Senin, 3 Oktober 2022 00:09 WIB
Aksi deklarasi Lawan Hoaks dan Ujaran Kebencian di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta Minggu (2/10).
Aksi deklarasi Lawan Hoaks dan Ujaran Kebencian di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta Minggu (2/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 200 emak-emak perwakilan dari 20 Kelurahan di Jakarta melakukan Deklarasi Lawan Hoaks dan Ujaran Kebencian di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta Minggu (2/10).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (DPW SPRI) DKI Jakarta, Puspa Yunita menjelaskan, bahwa aksi ini merupakan bentuk ekspresi marah dan muak atas tingkah laku para elit politik yang kerap kali menggunakan narasi kebohongan dan ujaran kebencian demi meraih dukungan.

“Kami mengajak masyarakat Jakarta menolak mendukung elit politik dan peserta Pemilu 2024 yang menggunakan narasi sektarian, primodalisme, politik identitas, hoaks dan ujaran kebencian," ujar Puspa dalam keterangannya, Minggu (2/10).

Baca juga : Puan Bacakan Ikrar Di Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Menurut Puspa, elit seperti ini adalah sampah yang harus dibuang jauh dari bumi Indonesia. Jangan sampai doktrin-doktrin sesat dan dungu yang diucapkan meracuni pemikiran generasi muda sebagai calon penerus masa depan bangsa. 

Sementara itu, salah peserta deklarasi, Irma dari Kelurahan Batuampar Jakarta Timur berharap ruang pertarungan politik haruslah berisikan gagasan, program, visi dan misi, dan nilai-nilai demokrasi yang lahir setelah runtuhnya rezim Orde Baru. 

“Cara-cara kuno dan barbar tersebut harus kita lenyapkan. Bangsa ini lahir karena kita bersatu bukan tercerai berai, bangsa ini kuat karena perbedaan yang telah menyatukan,” tegasnya. 

Baca juga : Sahabat Ganjar Sebar Ratusan Paket Sembako Di Wonogiri Dan Kabupaten Soppeng

Meski diguyur hujan, tidak membuat antusias emak-emak ini berkurang mengikuti kegiatan. Mereka semangat mengikuti arahan orator sambil meneriakan yel-yel "Tolak Politisi Ujaran Kebencian". 

Selain itu, terlihat mereka juga membagikan selebaran lawan hoaks dan meminta tanda tangan dukungan masyarakat yang berolah raga di seputar area kegiatan. Ratusan warga yang hadir ikut menandatangani sebagai bentuk dukungan.

Mereka juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus menerus melawan hoaks dengan cara berpikir kritis, logis, dan melakukan cek fakta sebelum menyebarluaskan pesan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.