Dark/Light Mode

Agar Bumi Cenderawasih Tetap Aman Damai

Masyarakat Papua Minta Enembe Taat Hukum

Senin, 3 Oktober 2022 23:35 WIB
Ketua Barisan Merah Putih Papua Max Ohee (Foto: Istimewa)
Ketua Barisan Merah Putih Papua Max Ohee (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Barisan Merah Putih Papua Max Ohee menyatakan, masyarakat ingin Gubernur Papua Lukas Enembe taat hukum agar Papua tetap aman dan damai. Dengan Enembe taat terhadap hukum dengan memenuhi panggilan KPK, konflik yang dikhawatirkan terjadi bisa dihindari.

Max Ohee menyebutkan, sebagai warga negara yang baik, Enembe harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya terkait dugaan korupsi yang menjeratnya. "Semua warga negara mempunyai kedudukan hukum yang sama dan tidak ada yang kebal hukum," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (3/10).

Baca juga : Mantan Petinggi OPM Minta Lukas Enembe Patuhi Hukum

Dia melanjutkan, Enembe harus menjadi teladan bagi masyarakat Papua. Yaitu dengan taat hukum. “Agar menjadi pembelajaran yang baik untuk masyarakat", imbuhnya.

Di sisi lain, Max meminta Pemerintah harus tegas dalam mengusut kasus tersebut sesuai aturan yang berlaku. Jika Enembe tak kunjung memenuhi panggilan, dia menyarankan KPK melakukan pemanggilan paksa.

Baca juga : Partai Ummat Papua: Enembe Harus Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

Max Ohee melanjutkan, kuasa hukum Enembe seharusnya ikut prosedur hukum dan menyarankan kliennya mengikuti proses hukum di KPK serta membuktikan apabila memang merasa tidak melakukan kesalahan. "Masyarakat Papua meminta agar Pak Lukas Enembe ikuti hukum yang berlaku agar tidak semakin berlarut-larut karena dapat membuat keresahan sosial," ucap Max.

Untuk masyarakat Papua, dia meminta tetap tenang. “Percayakan saja kepada Pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan korupsi Lukas Enembe serta menjaga situasi aman di tanah Papua," tutup Max Ohee.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.