Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kini Dukung Jokowi Dan Pernah Besarkan Anies

Prabowo Pejuang Dan Ahlinya Ikhlas

Jumat, 7 Oktober 2022 09:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: BPMI Setpres).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: BPMI Setpres).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam dunia politik, Prabowo Subianto pantas dijuluki sebagai pejuang dan ahlinya ikhlas. Tokoh-tokoh yang dibesarkannya justru menjadi lawannya.

Prabowo banyak mencetak dan membesarkan para tokoh di politik. Misalnya Presiden Jokowi. Atas jasa Prabowo lah Jokowi bisa naik dari Wali Kota Solo menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2012. Padahal, awalnya PDIP-partainya Jokowi-tidak mau mendukungnya.

Namun, dengan lobi Prabowo Ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, akhirnya PDIP luluh juga dan mau menjadikan Jokowi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga : Dukung Produktivitas Petani, Syngenta Luncurkan Ekosistem Pertanian Centrigo

Ketua Umum Partai Gerindra itu dan PDIP pun memasangkan Jokowi dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Singkat cerita, Jokowi-Ahok pun pecundangi lawannya, Fauzi Bowo.

Pada Pilpres 2014, Prabowo pun siap maju nyapres berpasangan dengan Hatta Rajasa. Namun, tidak disangka ternyata Jokowi juga maju jadi capres dari PDIP dan beberapa partai lain. Padahal sebelumnya, Jokowi mengatakan, akan fokus urus Jakarta. Jokowi saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK). Pilpres pun dimenangkan Jokowi-JK.

Pada Pilpres 2019, Prabowo kembali maju melawan Jokowi. Kali ini, dia berpasangan, dengan Sandiaga Uno. Sedangkan Jokowi menggandeng Kiai Ma’ruf Amin. Jokowi pun keluar jadi pemenangnya lagi.

Baca juga : Kata Kang Emil, Hidup Adalah Perjalanan Berkelana, Ada Kalanya Mogok Dan Lelah...

Usai kalah kedua kalinya, Prabowo memilih bergabung dengan Pemerintahan Jokowi meskipun mendapat penolakan dari para pendukungnya. Jokowi pun mengangkat Prabowo menjadi Menteri Pertahanan.

Pada Pilpres 2024 mendatang, Prabowo pun bersiap maju lagi menjadi capres. Namun, l salah satu yang akan menjadi lawannya adalah Anies Baswedan.

Anies merupakan tokoh yang juga dibesarkan Prabowo juga. Anies didukung Prabowo dan Gerindra menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2017 lalu.

Baca juga : Surya Paloh Biarkan Anies Cari Pasangan Sendiri

Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno berhasil mengalahkan pasangan Ahok dan Djarot Djarot Saiful Hidayat. Anies sudah menyatakan kesiapan maju menjadi capres. Partai NasDem menjadi partai pertama yang deklarasi mendukung Anies.

Saat ditanya pendapatnya soal NasDem deklarasi mendukung Anies nyapres, Prabowo ogah mengomentarinya. Dia hanya tertawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.