Dark/Light Mode

Prof Nur Rianto Al Arif: Akselerasi UIN Menuju Kampus Cerdas Bertaraf Internasional

Jumat, 7 Oktober 2022 14:16 WIB
Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif. (Foto: Ist)
Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Hal lain yang menjadi program kerjanya adalah perluasan jaringan kemitraa dengan industri dan pemangku kepentingan UIN Jakarta. Lalu, peningkatan rekognisi internasional dalam aktifitas tri dharma perguruan tinggi. Selanjutnya, memperkuat kepeloporan, kemandirian, dan peran sosial profetik keislaman UIN Jakarta.

"Bagaimana misalnya UIN Jakarta bisa memiliki endowement fund yang disimpan di sukuk. Imbal hasilnya bisa dikembalikan ke UIN Jakarta, ke mahasiswa dan sebagainya," terangnya.

Baca juga : Jadi Ketua ABTI Kalbar, Cazanova Siap Cetak Atlet Menuju Pentas Internasional

Program kerja lainya, meningkatkan pendapatan negara bukan pajak dari unit bisnis akademik maupun non akademik. Menurutnya, ini bisa direalisasikan melalui program riset yang menghasilkakn paten atau bahkan buku-buku ajar yang bisa dijual.

Terakhir, Profesor Al Arif juga menekankan pentingnya penguatan jurnal ilmiah di lingkungan UIN Jakarta dengan mendorong peringkat nasional dan internasionalnya.

Baca juga : Prof. Tjandra: Eksistensi Rakyat Merdeka, Besar Dan Penting

"Kita semua butuh, tapi sayang seringkali tidak diperhatikan di tataran kebijakan. Untuk itu, bagaimana meningkatkan tata kelola jurnal sehingga misalnya bagaimana jurnal kita jadi jurnal internasional," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.