Dark/Light Mode

Prof Nur Rianto Al Arif: Akselerasi UIN Menuju Kampus Cerdas Bertaraf Internasional

Jumat, 7 Oktober 2022 14:16 WIB
Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif. (Foto: Ist)
Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Adapun di aspek world class university, sambungnya, akselerasi yang perlu didorong UIN Jakarta adalah dengan memperkuat kemitraan universitas dan lembaga dalam dalam dan luar negeri.

Selain itu, aspek ini juga bisa direalisasikan melalui visiting professor dan research fellow antar perguruan tinggi mitra.

Terkait visi akselerasi UIN Jakarta menjadi kampus cerdas bertaraf internasional yang diusungnya, Profesor Al Arif menjabarkannya dalam empat misi.

Baca juga : Jadi Ketua ABTI Kalbar, Cazanova Siap Cetak Atlet Menuju Pentas Internasional

Pertama, pendidikan tinggi berteknologi informasi terstandar internasional. Kedua, peningkatan budaya keilmuan dan riset akademis bermutu dan unggul.

Ketiga, kemitraan dan kolaborasi strategis dengan alumni, industri, dan stakeholders. Keempat, kontribusi signifikan dalam berbagai penyelesaian persoalan bangsa, baik skala nasional maupun global.

Selanjutnya, visi misi tersebut dirinci dalam sembilan program kerjanya. Program kerja pertama yaitu melakukan revitalisasi teknologi informasi. Revitalisasi mencakup aspek hardware juga software. Menurutnya, revitalisasi sangat penting bagi UIN Jakarta.

Baca juga : Prof. Tjandra: Eksistensi Rakyat Merdeka, Besar Dan Penting

"Seperti kita ketahui, pengisian nilai misalnya, AIS (Academic Information System, red.) UIN Jakarta selalu diperpanjang. Jika tidak, tidak bisa upload nilai. Sehingga ini perlu revitalisasi, bukan hanya upgrading. Dan AIS, tidak hanya untuk e-learning tapi juga tata kelola layanan administrasi," jelasnya.

Program kerja lain yang diusung Profesor Al Arif adalah percepatan realisasi mutu, daya saing dan ketangguhan sumber daya manusia UIN Jakarta yang berstandar global. Menurutnya, pengembangan aspek ini harus menyeluruh baik pada dosen maupun tenaga kependidikan.

"Tidak hanya dosen, tapi juga tenaga kependidikan. Seringkali kita lupa. Kita hanya memperhatikan dosen, dosen, dan dosen lagi. Bagaimana kita kuliah di luar negeri, konferensi. Padahal tenaga kependidikan juga perlu diperhatikan. Layanan mereka paling depan," tandasnya.

Baca juga : GMC Bangkitkan Kesadaran Generasi Muda Lampung Terhadap Kebudayaan Indonesia

Program kerja selanjutnya yang diusung Profesor Al Arif adalah peningkatan kualitas lulusan UIN Jakarta yang profesional, kompeten, inovatif, berakhlak mulia dan memiliki kapasitas sebagai calon pemimpin masa depan yang berintegritas dan memiliki kapabilitas.

Lalu, meningkatkan rasa keterikatan dan memiliki alumni dalam meningkatkan daya saing univeristas.

"Untuk engagement dari sisi alumni agar bagaimana mereka tidak hanya datang ke kampus saat seremoni. Tapi bagaimana para alumni bisa berbuat sesuatu. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan di UIN Jakarta," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.