Dark/Light Mode

Dukungan Jadi Presiden 2024 Kian Meluas

Kiai Muda Jatim: Ganjar Konkret Sejahterakan Kalangan Pesantren Untuk Indonesia Maju

Kamis, 13 Oktober 2022 09:04 WIB
Ribua santri menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 di Pondok Pesantren Manbaul Quran, Porong, Sidoarjo, Jatim, Rabu (12/10). (Foto: Istimewa)
Ribua santri menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 di Pondok Pesantren Manbaul Quran, Porong, Sidoarjo, Jatim, Rabu (12/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lantunan selawat dan doa bersama untuk Indonesia aman, damai, dan sejahtera menggema di Pondok Pesantren Manbaul Quran, Porong, Sidoarjo, Jatim, Rabu (12/10). Acara yang diinisiasi Santri Dukung Ganjar (SDG) ini dihadiri ribuan santri, kiai-kiai muda, ustadz, pengasuh pondok pesantren, dan masyarakat sekitar.

Koordinator Wilayah SDG Jatim, Huriyahi mengatakan, deklarasi dan doa bersama kali ini adalah rangkaian kegiatan SDG Jatim untuk sosialisasi ke daerah-daerah. Menurut dia, besarnya animo masyarakat yang hadir dilatarbelakangi keinginan terhadap figur pemimpin seperti Ganjar Pranowo.

Beragam inovasi dan program diluncurkan Ganjar selama masa jabatannya di Jateng demi mensejahterakan masyarakat. Salah satu program Ganjar yang memikat hati santri Jatim di bidang perekonomian adalah program Ekonomi Pesantren (Ekotren).

Program tersebut digagas Ganjar sejak 2018 guna mendorong para santri mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren. Di dalam Ekotren, terdapat sejumlah inovasi seperti 'Toko Santri Gayeng' (Tosaga) yang terbukti dapat memajukan perekonomian pesantren.

Baca juga : Prabowo: Dari Dulu Dekat Dengan Kiai, Nggak Mungkin Saya Lupa Sama Pesantren

Lewat Tosaga, santri dapat berdaya dengan beragam produk karyanya masing-masing. Bersama Dinas Koperasi Pemprov Jateng, Ganjar mengoptimalkan peran santri dalam berwirausaha lewat pendamping dan pelatihan. Para santri juga dibantu dalam pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat halal, dan permodalan.

"Pak Ganjar juga betul-betul tau apa yang menjadi aspirasi kami, para santri yang ingin mencapai kemandirian ekonomi di pesantren, yang diwujudkan melalui Ekotren di Jateng. Kami berharap, inovasi dan program tersebut bisa lebih ditingkatkan dan dimasifkan di kancah nasional," terang Huriyahi.

Dia berkomitmen untuk terus menyosialisasikan figur Ganjar ke daerah-daerah lain di Jatim, sehingga aspirasi Ganjar Presiden 2024 dapat terwujud.

"Langkah ke depan, kita akan terus menyosialisasikan Bapak Ganjar Pranowo melalui sejumlah kegiatan positif seperti selawat dan doa bersama, agar mereka bisa mengenal lebih dekat figur  dan mendukung Pak Ganjar," jelas Huriyahi. 

Baca juga : Ganjar Turunkan Suku Bunga Kredit Bank Jateng Untuk Pedagang Pasar-UMKM

Gema Selawat ini dipimpin oleh ulama nyentrik dari Jaringan Mafia Selawat, Gus Ali Sodikin atau dikenal Gus Ali Gondrong. Hadirnya Gus Ali Gondrong membuat para peserta semakin semangat menyerukan selawat untuk Indonesia.

Di sela-sela acara, kiai-kiai muda se-Jatim ambil bagian dalam mendeklarasikan dukungan untuk 'Ganjar Pranowo Presiden RI 2024-2029'. Koordinator Kiai Muda se-Jatim, Gus Ali Baidlowi mengatakan, mereka sepakat bahwa Ganjar pantas menduduki kepemimpinan nasional lantaran memiliki kedekatan dengan ulama, egaliter, berwibawa, tegas, dan inovatif. 

Di sisi lain, langkah Ganjar tak main-main dalam memberi perhatian kepada masyarakat, khususnya kalangan pesantren. Ganjar memberikan insentif pengajar agama sebagai wujud perhatian Pemprov Jateng meningkatkan kesejahteraan guru agama di Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, Taman Pendidikan Quran (TPQ), Sekolah Minggu (Kristen/Katolik), Pasraman (Hindu), dan Vijjalaya (Buddha).

Program tersebut telah berjalan sejak 2019, dan lebih dari 211.455 pengajar agama telah menerima bantuan Rp1,2 juta per orang. Jumlah total anggaran yang digelontorkan Ganjar senilai Rp253,746 miliar.

Baca juga : BPIP Dukung Pembentukan Majelis Da'i Kebangsaan Indonesia

"Yang pertama Pak Ganjar pro rakyat, yang kedua karena selama kepemimpinan di Jateng, beliau program-program pro pesantren dan juga santri. Saya kira Program Insentif ini bagus dalam memperhatikan kesejahteraan para pengajar agama di Indonesia," ungkap Gus Ali Baidlowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.