Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipastikan Presiden Posisinya Aman

Kapolri Sigit Bernapas Lega

Jumat, 14 Oktober 2022 06:40 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok Humas Polri).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok Humas Polri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski kepolisian sedang dilanda “badai”, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo nampaknya tetap bisa bernapas lega. Pasalnya, Presiden Jokowi memastikan, posisi Sigit sebagai Kapolri aman. Jokowi melihat, saat ini polisi terus memperbaiki diri.

Sejak dua bulan terakhir, kepolisian menghadapi ujian berat. Pertama, kasus pembunuhan berencana yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo terhadap Brigadir Yosua Hutabarat, yang bikin geger se-Indonesia. Kedua, tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang, yang salah satunya disebabkan polisi menembakkan gas air mata di dalam stadion ke para pendukung Arema Malang.

Atas peristiwa-peristiwa ini, muncul desakan agar Sigit diganti. Dari parlemen, desakan pernah disuarakan Anggota Komisi III DPR Benny K Harman. Sedangkan dari masyarakat, desakan disampaikan salah satunya oleh Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Provinsi Sumatera Utara (AMPS).

Baca juga : Rossoneri Gagal Balas Dendam

Isu Sigit akan dicopot pun sempat menguat karena dipicu viralnya video saat Jokowi tak menyalaminya dalam peringatan HUT ke-77 TNI, di Istana Merdeka, Rabu (5/10). Namun, isu ini segera dibantah Jokowi. Dia menyebut, kinerja polisi masih baik.

"Kalau dilihat di bawah, saya melihat polisi masih kerja keras untuk membantu masyarakat, melayani masyarakat. Itu yang saya lihat," ucap Jokowi, saat meninjau penyerahan BLT BBM, di Kantor Pos Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Kepala Negara pun memastikan, hingga kini, Sigit masih menjabat sebagai Kapolri. “Kapolrinya masih Pak Listyo Sigit Prabowo,” imbuhnya.

Baca juga : Dubes China Resmikan Pabrik Vaksin Covid-19 Bersama Jokowi

Rencananya, hari ini, Jokowi akan mengumpulkan sejumlah perwira polisi di Istana Negara. Namun, Jokowi masih merahasiakan apa yang akan disampaikannya. "Ya, besok (hari ini, red) didengarkanlah, biar kelihatan," pesannya.

Rencana pengarahan ini sudah disebarluaskan lewat Surat Telegram Rahasia (STR) dengan nomor: STR/764/X/HUM.1./2022, Rabu (12/10). Pengarahan dari Jokowi rencananya akan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB. Dalam STR disebutkan, pengarahan dari Jokowi ditujukan ke Pejabat Utama Mabes Polri, Kapolda seluruh Indonesia, dan Kapolres/tabes seluruh Indonesia.

Mereka yang diminta hadir mengikuti arahan Jokowi diminta mengenakan seragam dinas tanpa penutup kepala dan tongkat. Para Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) yang dimaksud juga tidak diperkenankan membawa para ajudan. Selain itu, mereka juga dilarang membawa telepon seluler dan hanya boleh membawa alat tulis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.