Dark/Light Mode

Erick: Kalau Mau Sepak Bola Kita Mendunia, Semua Harus Dibongkar Habis....

Jumat, 14 Oktober 2022 19:49 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Tangkapan layar)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Erick Thohir memastikan, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Selasa (18/10) mendatang. Untuk membahas transformasi sepak bola Indonesia, usai tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 132 nyawa melayang dan ratusan orang luka-luka.

"Hari ini sudah ada masukan dari Tim Investigasi (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta/TGIPF, Red). Tapi itu konteksnya masih masukan ya. Belum menjadi keputusan,” kata Erick dalam keterangan video yang diterima RM.id, Jumat (14/10).

Baca juga : Erick: Jaga Kesatuan Bangsa, Umat Islam Harus Teladani Akhlak Rasulullah

Dia bilang, dalam kasus ini, tidak boleh ada pihak yang saling menyalahkan. Harus dicari solusi, untuk kebaikan sepakbola Indonesia. Dengan tetap menegakkan hukum.

Baca juga : Maruf Cahyono: Birokrasi Dan Akademik Harus Seimbang

“Mana mungkin, kita mendiamkan sepakbola Indonesia seperti ini. Berapa banyak korban yang sudah meninggal. Kita harus intropeksi diri. Kalau tidak, kita akan menjadi bangsa yang terjebak pada kebodohan sendiri,” ujar Erick.

"Tidak mungkin perbaikan sepak bola Indonesia hanya fokus pada PSSI, suporter, tayangan TV, atau hanya pemerintahnya saja. Semuanya harus dibongkar habis. Harus mulai dari yang baru, kalau mau sepak bola Indonesia bicara di mata dunia," tegasnya.

Baca juga : Panglima Mandau Meratus Yakin IKN Bakal Lindungi Kearifan Lokal

Erick kembali meminta, tak ada pihak yang saling tuding dan menyalahkan dalam masalah ini. Jangan ada pula, pahlawan kesiangan yang merasa paling benar dan berjasa.

"Jangan ada yang mengaku-ngaku dirinya yang terbaik. Kita harus gotong royong. Tidak mungkin, perbaikan sepakbola Indonesia hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Ini supaya sepak bola kita bisa diakui dunia,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.