Dewan Pers

Dark/Light Mode

Semarak Hari Bermuhammadiyah III, Ini Rangkaian Kegiatannya

Minggu, 16 Oktober 2022 12:30 WIB
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melihat-lihat buku saat menghadiri Hari Bermuhammadiyah III, di Gedung Cendekia Center UMJ, Sabtu (15/10). (Foto: Ist)
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melihat-lihat buku saat menghadiri Hari Bermuhammadiyah III, di Gedung Cendekia Center UMJ, Sabtu (15/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Muhammadiyah Jakarta melaksanakan Hari Bermuhammadiyah III pada Sabtu (15/10), di Gedung Cendekia Center UMJ.

Kali ini tema yang diusung adalah Memperkuat dan Memperluas Jamaah Muhammadiyah Melalui Penguatan Dakwah Kultural.

Fakultas Hukum (FH UMJ) pada kegiatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara. Acara dihadiri sekitar ribuan orang, yang terdiri dari civitas akademika UMJ, mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), warga Muhammadiyah Jabodetabek, dan Ortom Muhammadiyah. Acara berlangsung dengan meriah dan penuh khidmat.

Hari Bermuhammadiyah III dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Rektor UMJ Ma’mun Murod Al-Barbasy, serta Direktur Utama PT. Transjakarta M. Yana Aditya.

Berita Terkait : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

Kegiatan diawali dengan Kick-off Liga HW 2019 dan Peresmian Badminton Hall yang turut memeriahkan Hari Bermuhammadiyah III sejak pagi hari.

Rangkaian acara lainnya adalah Konsultasi Hukum Gratis, Bazar, Book Corner, dan kajian Kemuhammadiyahan. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian Masjid baru UMJ KH. M. Yunus Anis serta penandatanganan kerjasama dengan PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, melakukan kick off atau tendangan pertama pertandingan antara HW FC UMJ dengan Surya Lampung FC Universitas Muhammadiyah Lampung dalam Liga HW 2019 di Stadion UMJ.

Rangkaian berlanjut ke acara Peresmian Badminton Hall UMJ yang dibangun atas kerja sama dan dukungan dari Bank Mega Syariah (BMS).

Berita Terkait : Gus Halim Pastikan Peningkatan Kapasitas Dan Jaminan Kesejahteraan

Servis pertama juga dilakukan oleh Abdul Mu’ti, yang menjadi simbol peresmian Badminton Hall dan dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan.

Pertandingan yang mempertemukan tim Rektor yakni Ma’mun Murod dan Mulkan Habibi, dosen FISIP UMJ dengan tim Sekum sekaligus Ketua BPH UMJ, yakni Abdul Mu’ti, dan Bambang Irawan, Kabag Sumber Daya Insani UMJ. Pertandingan yang berlangsung satu set dimenangkan oleh tim Rektor dengan skor akhir 21-17.

Rangkaian acara lainnya ialah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMJ dan PT Transportasi Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Ma’mun Murod dan M. Yana Aditya, didampingi oleh Abdul Mu’ti dan Muhammad Hadi, Wakil Rektor I UMJ.

Berita Terkait : Jelang Upacara HUT TNI, Ini Rute Pengalihan Lalin Di Sekitar Istana

Kerja sama yang dilakukan dalam ruang lingkup bidang penelitian, pengajaran dan pendidikan, serta pengabdian masyarakat.

Yana mengatakan, salah satu keuntungan dari kerja sama ini yaitu sivitas akademika UMJ mendapatkan fasilitas bebas tarif Transjakarta apabila memiliki kartu JakLingko.

Lebih lanjut, Yana menjelaskan bahwa kerja sama juga akan berdampak pada persyarikatan Muhammadiyah.

"Kami (PT Transportasi Jakarta) berharap agar kerja sama ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Kader-kader Muhammadiyah bisa masuk ke perusahaan-perusahaan, sehingga ke depannya Muhammadiyah bisa berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional yang signifikan," ujar Yana.
 Selanjutnya