Dark/Light Mode

Kalau AHY Jadi Ketua Timses Anies-Andika

Demokrat Legowo Nggak Nih

Selasa, 18 Oktober 2022 08:00 WIB
nies Baswedan saat bertemu Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Instagram)
nies Baswedan saat bertemu Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, munculnya nama Andika sebagai bakal cawapres Anies diamini Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim. “Andika dan Khofifah nama-nama yang ada dalam list kita,” tutur Hermawi kepada wartawan.

Kendati demikian, keputu­san akhir soal wakil diserah­kan sepenuhnya kepada Anies. “Kita serahkan kepada Anies untuk memilihnya. Intinya, cari pendamping yang kompatibel, menambah elektabilitas, dan bisa kerja sama dengan Anies. Nanti butuh juga kesepakatan koalisi,” ujarnya.

Baca juga : Anies-Andika Merapat Gimana Nih Demokrat

Diketahui, saat deklarasi Anies, Surya Paloh bakal menyerahkan penuh keputusan cawapres ke­pada Anies. Ia meminta kepada calon mitra koalisi untuk legawa dan memberikan Anies kesem­patan memilih wakilnya. “Soal cawapres kalau NasDem sudah kasih otoritas sama Bung Anies. Bagaimana kita tiba-tiba pilih Cawapres yang gak cocok sama dia? Itu namanya cari penyakit,” ungkapnya.

Partai Demokrat tak memper­soalkan pertemuan Anies dengan Andika. Dia mendukung Anies Baswedan bergerilya menemui sejumlah tokoh. Safari dan silaturahmi ini, juga kerap dilaku­kan AHY.

Baca juga : Demokrat Apa Mau Dikendalikan Paloh

“Demokrat dukung penuh langkah Anies lakukan silaturah­mi dan komunikasi dengan ber­bagai pihak. Buka komunikasi dengan seluruh elemen bangsa. Karena permasalahan bangsa ini terlalu besar untuk bisa ditangani satu dua pihak saja. Butuh kerja sama dan kolaborasi dengan se­mua pihak,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, kemarin.

Bahkan, Demokrat mendor­ong Anies lebih luas melaku­kan komunikasi. Apalagi kini Anies sudah tidak ada tanggung jawab memimpin daerah lagi. Silaturahmi ini, tidak berkaitan dengan posisi cawapres. Sebab, soal ini harus dibicarakan denganmitra koalisi.

Baca juga : Demokrat Ngaku Senang

Herzaky berharap, Anies berse­dia bersama Demokrat keliling ke setiap daerah. “Ke depan, bisa saja kita jalan bareng pas ke daerah-daerah ketika sudah waktunya,” imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.