Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pamer Dukungan Kenaikan BBM, Akan Lanjutkan Program Pemerintah

Paloh Kasih Bukti Loyal Ke Jokowi

Rabu, 19 Oktober 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh angkat bicara soal adanya desakan agar partainya angkat kaki dari koalisi pemerintah. Paloh memastikan, NasDem akan tetap tegak lurus kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sampai 2024. Sebagai bukti, Paloh lantas pamer loyalnya NasDem pada berbagai kebijakan pemerintah. Salah satunya, dukungan penuh NasDem terhadap kenaikan BBM. Tak hanya itu, Paloh memastikan NasDem akan tetap lanjutkan program pemerintahan Jokowi pasca 2024.

Pasca mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres, hubungan NasDem dengan koalisi pemerintah menjadi terkesan buruk. Tensi politik makin panas setelah Zulfan Lindan, salah satu elit NasDem menyebut Anies sebagai antitesa Jokowi.

Meskipun NasDem langsung menonaktifkan Lindan, pernyataan itu terlanjur menyulut amarah parpol koalisi lain, terutama PDIP. Bahkan dengan terang-terangan, banteng meminta NasDem keluar dari koalisi.

Baca juga : Prodia Resmikan Lokasi Baru Cabang Kebayoran

Paloh yang selama ini diam, akhirnya menanggapi serangan. Dalam acara NasDem Memanggil yang digelar di NasDem Tower, Jakarta, Senin (17/10) malam, Paloh menjawab semua isu yang berkembang terkait hubungan partainya dengan Jokowi. Termasuk kekhawatiran partai lain terhadap Anies yang dianggap representasi dari kalangan oposisi.

“Ada yang mengatakan supaya mendesak dan meminta kepada Presiden agar NasDem dikeluarkan dari pemerintah. Lantas apakah komitmen kita roboh? Saya katakan tidak pernah roboh,” tegas Paloh.

Polisi berdarah Aceh ini lantas menunjukkan bukti komitmen NasDem mendukung Jokowi saat akan menaikkan harga BBM, akhir September lalu. Saat itu, Paloh mengklaim bahwa NasDem satu-satunya partai koalisi yang langsung mendukung kebijakan itu.

Baca juga : Heru Lanjutkan Normalisasi Sungai Yang Mandek Di Era Anies

“Saya sambil bercanda bilang sama Pak Jokowi. ‘Bapak Presiden, kita punya tujuh fraksi koalisi pemerintahan ini. Ini kebijakan kenaikan BBM, enam fraksi tidak sepakat, hanya satu fraksi (Partai NasDem) yang sepakat ini’. Kalau tidak fraksi yang paling tolol atau paling loyalis, tidak mungkin begini. Silakan terjemahkan,” ungkap Paloh.

Sikap ini membuktikan bahwa loyalitas NasDem terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf tak perlu diragukan lagi. Jika ada pihak yang ingin menjajal ketangguhan dan konsistensi NasDem, Paloh akan membuktikan komitmennya dengan terus mendukung program Pemerintah.

Diakuinya, perjalanan jelang Pemilu 2024 bakal penuh tantangan. Desakan agar NasDem ditendang dari partai koalisi karena mendeklarasikan Anies, terus mengalir. Namun, Paloh juga meyakini tidak mudah bagi Jokowi mewujudkan desakan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.