Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jaga Objek Vital Negara, Petrofin Gelar Simulasi Tanggap Krisis

Rabu, 19 Oktober 2022 16:54 WIB
Elnusa Petrofin unit Fuel Terminal Tanjung Pandan Gelar Simulasi Tanggap Krisis
Elnusa Petrofin unit Fuel Terminal Tanjung Pandan Gelar Simulasi Tanggap Krisis

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menjaga keamanan wilayah operasional dan mengantisipasi penjagaan pada objek vital negara, PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar simulasi tanggap krisis dengan skenario menghadapi demontrasi illegal. 

Head of Corporate Communication dan BoD Support PT Elnusa Petrofin, Putiarsa mengungkapkan, bahwa simulasi atau Organisasi Gawat Darurat (OKD) dibutuhkan untuk melihat sejauh mana kesiapan tim di unit Fuel Terminal Tanjung Pandan dalam menghadapi aksi darurat, baik seperti demonstrasi maupun kerusuhan yang bisa terjadi di kantor operasional tersebut.

“Skenario OKD level 0 dilaksanakan dengan terjadinya demonstrasi illegal dan disertai penyusupan oleh dua orang demonstran. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pelemparan bom molotov yang mengarah ke filling shed atau tempat pengisian Mobil Tangki yang menyebabkan kebakaran dan menjalar ke salah satu tangka timbun yang berisi Bahan Bakar Minyak (BBM),” ujar Putiarsa dalam keterangannya, Rabu (19/10). 

Baca juga : BPS Mesti Tinjau Ulang Batas Garis Kemiskinan

Simulasi ini juga dimaksimalkan dengan aksi demonstrasi yang semakin caos. Ditambah adanya korban kebakaran yang merupakan operator yang berusahan memadamkan api. Tim fire brigade Fuel Terminal Tanjung Pandan pun dengan sigap memadamkan api, dan tim Security berhasil melumpuhkan dua orang yang menyusup ke dalam area Filling Shed. Kemudian pengamanan demonstrasi dilakukan secara persuasif sehingga para pendemo membubarkan diri.

Head of Operation Elnusa Petrofin unit Fuel Terminal Tanjung Pandang, Jimmy Sinaga mengatakan, pelaksanaan Organisasi Gawat Darurat (OKD) level 0 ini melibatkan beberapa pihak. Antara lain Tim Sabhara Polres Belitung selaku pihak yang memberikan bantuan pengamanan dan tim Baituzzakah Pertamina (BAZMA) selaku pihak yang terlibat dalam pengantaran korban kebakaran dengan menggunakan ambulance. Juga Klinik Bakti Timah selaku pihak yang memberikan support dalam penanganan lanjut dan perawatan korban kebakaran tadi.

Manajemen Elnusa Petrofin pun mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah menyempatkan waktu dan terlibat dalam kegiatan Organisasi Gawat Darurat (OKD) level 0 ini. 

Baca juga : Erick: Maulid Nabi, Harus Jadi Momen Akselerasi Ekonomi Syariah

Selain menjalankan simulasi, keterlibatan pihak terkait juga menjadi simbol kolaborasi Elnusa Petrofin dengan instansi lain dalam menghadapi keadaan darurat atau emergency. Sehingga masing-masing pihak dapat menjalankan tugas dan kejadian di lapangan dapat teratasi dengan baik secara sistematis.

Sementara itu, Supervisor Fuel Terminal Tanjung Pandan, Kiki Widi Septiawan yang juga mewakili manajemen PT Pertamina Patra Niaga menambahkan, OKD level 0 merupakan kelanjutan dari pembentukan tim yang melibatkan Elnusa Petrofin selaku pengelola Fuel Terminal Tanjung Pandan. 

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, diharapkan tim OKD dapat terus sigap serta mampu menjaga Fuel Terminal Tanjung Pandan tetap kondusif. Sehingga operasional dapat terus berjalan dengan semestinya dan pasokan energi di wilayah Belitung tetap terjaga dengan baik”, tutup Kiki. 

Baca juga : Airlangga Ajak Semua Negara Bersatu Hadapi Krisis Global

Aksi simulasi atau Organisasi Gawat Darurat (OKD) level 0 ini dilaksanakan pada Selasa, 18 Oktober 2022 di wilayah operasional Elnusa Petrofin unit Fuel Terminal Tanjung Pandan, tepatnya di Pangkal Lalang, Belitung.

Kegiatan Organisasi Gawat Darurat (OKD) level 0 ini dilaksanakan bersama PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading (C&T) PT Pertamina (Persero). Di mana OKD Level 0 ini bertujuan untuk melatih kesiapan dan kesigapan tim di Fuel Terminal Tanjung Pandan baik dari Elnusa Petrofin maupun Pertamina Patra Niaga dalam menghadapi kondisi darurat yang sebenarnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.