Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 3 Harapan Prof. Tjandra, Dari Pertemuan Menkes Negara G20 Di Bali

Kamis, 27 Oktober 2022 16:16 WIB
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan Menteri Kesehatan (Menkes) Negara G20 digelar di Bali pada hari ini, Kamis (27/10).

Pertemuan yang akan berlangsung hingga Jumat (28/10), diharapkan dapat mengesahkan outcome document berupa Aksi Menteri Kesehatan Negara G20 dalam Penguatan Arsitektur Kesehatan Global.

Terkait hal ini, mantan Direktur WHO Asia Tenggara Prof. Tjandra Yoga Aditama mengatakan, kita sedikitnya punya tiga harapan.

Baca juga : Perempuan Nekat, Berakhir Di Sel

Pertama, outcome document yang akan dihasilkan besok, benar-benar dapat menyentuh unsur dasar utama yang diperlukan dunia. Agar penduduk bumi dapat hidup lebih sehat dan sejahtera, sesuai tujuan ketiga sustainable development goals (SDG) untuk pencapaian health and well being.

Kedua, kalau outcome document hasil para Menteri Kesehatan di Bali ini sudah sejalan dengan kebutuhan seluruh dunia, maka dokumen dan aksi yang dihasilkan, harus benar-benar akan diimplementasikan di lapangan.

Pada November 2022, Indonesia akan mengakhiri Presidensi G20. Sudah barang tentu, sejak sekarang sudah dirancang dan sudah ada peta jalan yang jelas, tentang bagaimana mengimplementasikan hasil pertemuan kesehatan G20 Presidensi Indonesia ini. Serta bagaimana monitoringnya, agar di tahun-tahun mendatang, bisa benar-benar memberi manfaat bagi kesehatan dunia.

Baca juga : Digarap Polisi, Perempuan Berpistol Yang Coba Terobos Istana Negara, Mingkem

"Jadi, ada hasil nyata," kata Prof. Tjandra dalam keterangannya, Kamis (27/10).

Ketiga, hasil penting kesehatan di tingkat G20 dan di tingkat dunia ini, diharapkan dapat secara nyata berdampak di dalam negeri kita.

"Penanganan masalah kesehatan kita, seyogyanya perlu mendapat manfaat maksimal dari penyelenggaraan hajat besar tingkat dunia. Masalah kesehatan yang di depan mata, dan jadi beban sehari-hari, perlu mendapat prioritas penanganan utama, untuk kesehatan anak bangsa," ujar Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI / Guru Besar FKUI ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.