Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Hari Sumpah Pemuda, Ribuan Pendukungnya Ngumpul Di Bandung

Ganjar Capres Makin Nyaring

Sabtu, 29 Oktober 2022 07:56 WIB
Jaringan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) saat merayakan Hari Sumpah Pemuda di Monumen Bandung Lautan Api, kemarin. (Foto: Istimewa)
Jaringan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) saat merayakan Hari Sumpah Pemuda di Monumen Bandung Lautan Api, kemarin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyerap semangat pemuda dalam memperingati Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober, para pendukung Ganjar Pranowo, di berbagai belahan Tanah Air sekaligus merayakan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu kebetulan berulang tahun di tanggal yang sama, dia lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968.

Di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Monumen Bandung Lautan Api, peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar oleh jaringan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP). Acara berjudul “Istigosah untuk Bangsa, dari Jawa Barat untuk Ganjar Pranowo” ini dihadiri 7.600 orang yang datang dari Bandung dan sekitarnya, Majalengka, Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Subang, dan Purwakarta.

Koordinator Nasional GMP, Rendra Wibawa Setiawan mengatakan, acara ini  untuk memberikan dorongan kepada Ganjar agar terus tegar dan terus maju demi kepentingan yang lebih besar.

“Pak Ganjar Pranowo tidak sendirian, ada masyarakat Jawa Barat khususnya Ganjar Muda Padjadjaran yang siap membantu dan mendorong Pak Ganjar untuk terus maju mengabdi demi bangsa dan negara,” tegas Rendra.

GMP menghadirkan sejumlah dai ternama untuk memberikan tausiah, seperti Habib Umar Assegaf, Kyai Tata, Kyai Solmet, Gus Ali Sururi Cipatik, Kyai Deni Ali Citayam, KH Ibnu Atoillah, KH Syamsyul Arifin, dan KH Khoer Pasir Koja.

Simpatisan Ganjar yang tergabung dalam jaringan Puser Bumi menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda di Puncak Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah sekaligus mendoakan kesehatan dan umur panjang bagi Ganjar yang tengah berulang tahun. Acara berjudul ‘Satu Doa untuk Indonesia’ ini menghadirkan kiai kondang Gus Miftah. Sekitar 5.000 orang hadir, relawan, santri, serta masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Baca juga : Di Hari Sumpah Pemuda, 7.600 Warga Jabar Doakan Ganjar Presiden

Dalam tausiahnya, Gus Miftah memuji karakter kepemimpinan Ganjar yang sangat sesuai dengan nilai-nilai yang diusung dalam Sumpah Pemuda. 

"Kepemimpinan seseorang itu bisa dikatakan husnul khotimah ketika sampai akhir masa jabatannya meninggalkan prestasi dan tidak ada masalah. Dan alhamdulillah saya melihat Mas Ganjar termasuk kategori itu, meninggalkan prestasi dan tidak ada masalah. Mas Ganjar orangnya humble dan juga sederhana. Semoga Mas Ganjar panjang umur dan sehat selalu," kata Pemimpin Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Yogyakarta ini.

Para hadirin lantas bersama-sama berdoa untuk kebaikan bangsa, semoga diberi kejayaan, kesejahteraan, kedamaian, dan diberi pemimpin yang mampu menjaga keutuhan bangsa serta mampu menghimpun semua potensi untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. 

Di Tasikmalaya, pendukung Ganjar yang tergabung dalam Himpunan Santri Nusantara (Hisnu) juga menggelar acara bertajuk “Istigosah, Bersholawat dan Doa Untuk Negeri”. Sekitar 5.000 orang, santri dan aktivis majelis-majelis taklim memenuhi Lapangan Dadaha. Acara diawali dengan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Mars NU "Ya Lalwaton". Di bagian akhir juga ada acara pemotongan tumpeng setinggi satu meter untuk merayakan ulang tahun Ganjar Pranowo.

Menurut Koordinator Hisnu Jabar, KH Ki Utawi Wijaya Kusuma, Ganjar merupakan figur yang paling tepat memimpin Indonesia ke depan karena sikap moderasinya yang sangat dibutuhkan untuk menghindari perpecahan Bangsa. 

“Dukungan terus mengalir kepada Pak Ganjar karena sosok beliau yang dekat dengan tokoh agama. Karakter kepemimpinannya mampu membangun kebersamaan di tengah berbagai perbedaan,” kata Ki Utawi.

Baca juga : Ribuan Relawan Bacakan Sumpah Setia Usung Ganjar Nyapres 2024

Di Ciawi-Bogor, kaum ibu yang tergabung dalam jaringan Mak Ganjar juga menggelar doa bersama 'Damai untuk Negeri'. Acara juga diselingi pemotongan tumpeng merayakan ulang tahun Ganjar Pranowo.

Koordinator Mak Ganjar Jawa Barat, Nurafsi menjelaskan, Hari Sumpah Pemuda kali ini spesial karena ada sosok Ganjar Pranowo yang serasa pas sebagai figur yang membawa nilai-nilai kepeloporan pemuda seperti di masa perjuangan dulu.

"Niat kita para emak-emak mendukung Pak Ganjar karena beliau sudah terbukti bisa menjadi contoh sebagai pemimpin yang patriotik, merakyat, penuh dengan terobosan untuk kebaikan rakyat, bangsa dan negara. Kita bisa lihat itu dari jejaknya selama menjadi anggota DPR dan saat memimpin Jawa Tengah," ucap Nurafsi.

Sementara di Jakarta, peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus perayaan ulang tahun Ganjar digelar dengan pengajian dan santunan anak yatim. Acara ini digelar oleh jaringan Santri Dukung Ganjar (SDG) sekretariat mereka, di kawasan Mampang.

Menurut Koordinator Nasional SGD, Ustaz Acep Amirudin, anak muda yang diwakili para anak yatim harus bisa mewarisi semangat Sumpah Pemuda sebagaimana yang dicontohkan figur Ganjar dalam kepemimpinannya yang merakyat, jujur dan inovatif.

"Kita ingin mengingatkan kembali sejarah; bahwa tanpa kepeloporan pemuda yang berjuang tanpa pamrih, demi kepentingan rakyat banyak, Indonesia tidak akan bisa seperti sekarang. Semoga keteladanan Pak Ganjar yang selalu ingin bermanfaat bagi bangsa dan negara, bisa diteruskan oleh anak-anak kita ini," paparnya.

Baca juga : Semangat Sumpah Pemuda, KTKI Gelar Penguatan Nakes Masyarakat

Di Sumatera, jaringan relawan Paguyuban Pujakesuma (Putera Jawa Kelahiran Sumatera) juga menggelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda serentak di 62 kabupaten dan kota. Beragam acara diadakan, pentas seni dan kebudayaan, jalan sehat, hingga potong tumpeng sebagai selamatan ulang tahun Ganjar Pranowo. Di Deli Serdang, tidak kurang dari 2000 orang ikut serta dalam kegiatan ini.

Ketum DPP Pujakesuma Eko Sopianto mengatakan, Pujakesuma berdoa agar Indonesia diberi pemimpin yang baik, cinta rakyat, nasionalis, religius yang mendorong moderasi beragama dan peduli pada kalangan pesantren. Menurut Pujakesuma, sosok pemimpin itu ialah. 

"Kami berdoa kiranya ke depan Indonesia tetap dikendalikan oleh orang-orang jujur yang berbakti dan siap untuk kepentingan bangsa dan negara. Dan menurut kami, Ketua Dewan Pelindung Pujakesuma, Bapak Ganjar Pranowo, sangat layak untuk menjadi Presiden Indonesia di Tahun 2024 nanti," tutur Eko Sopianto.

Di berbagai tempat lain di Tanah Air, acara peringatan Hari Sumpah Pemuda juga berlangsung dan menjadi momentum mengekspresikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Terpantau acara serupa juga digelar jaringan Srikandi Ganjar di Yogyakarta, jaringan Des Ganjar di Depok, Lampung, Sumbar, Jatim, dan Jateng.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.