Dark/Light Mode

Bukan Soal 2 Kali, Praktik Berkendaranya Kaya Mau Sirkus

Senin, 31 Oktober 2022 09:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Satpas SIM Polda Metro Jaya di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Satpas SIM Polda Metro Jaya di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).

 Sebelumnya 
“Basically real life applications ya bukan ujian stunt driving,” kata .

Akun @haddoriamma meminta ujian praktik SIM dihapus. Karena, menumbuhkan praktik pungli. Kata dia, kalau mau jujur, sekarang semua orang yang punya SIM motor kemungkinan besar 75 persen tidak akan lulus.

“Terus bagaimana bisa kemarin dapat SIM?” katanya.

Baca juga : Kenaikan Harga BBM Tidak Berdampak Besar Terhadap Daya Beli Masyarakat

“Ujiannya sengaja disusahin supaya bisa terima pungli. Tujuannya ya memang pungli,” cetus @tyasni2019.

Akun @emerson_yuntho menyarankan Kapolri melakukan evaluasi ujian praktik kendaraan bermotor. Kata dia, bisa juga dengan membandingkan ujian SIM dengan negara lain.

“@ValeYellow46 pun gagal jika peroleh SIM C di INA. Ujian Praktik yang sulit membuka peluang terjadinya suap/pungli dalam pelayanan permohonan SIM baru,” katanya.

Baca juga : Jelang KTT G20, Polri Gelar Rapat Rekayasa Lalu Lintas

Menurut @nadyaldi, mungkin perlu ada panduan atau video khusus untuk ujian SIM, dari awal apa saja yang perlu dipersiapkan dan ada panduannya juga kalau perlu. Jadi paling tidak pulang tidak hanya bawa SIM saja tapi memang dapat ilmu berkendara yang baik dan benar.

“Sudah 6 bulan saya tes praktik dan hasilnya gagal dan coba lagi. Tolong diperhatikan, karena sudah bukan rahasia lagi bahwa buat SIM sama dengan praktik pungli,” sambung @firaunl96.

Akun @swaradharma mengatakan, saran Kapolri agar ujian bisa dilakukan dua kali tidak akan membantu warga mudah mendapatkan SIM. Kata dia, pokok masalahnya bukan pada pembuatan SIM harus dua kali pak. Tapi, pungli bikin SIM dan oknum aparat yang terlibat di dalamnya harus diakhiri.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar Besar Malang, Mendag Pastikan Harga Bapok Stabil

“Pembuatan SIM baru. 1. Transparan. 2. Hasil ujian teori dibagikan dan jawaban yang benarnya diberikan. Bukan ujug-ujug dapat hasil tidak lulus tapi tidak tahu apa yang salah dan harus diperbaiki,” ungkap @ini4kunku.

Sementara, @faizal.romadhon25 mengungkap bahwa tidak semua tempat ujian praktik SIM dipersulit. Kata dia, ujian praktik SIM A di Bekasi simpel. Yaitu, cuman latihan parkir maju belok, terus mundur ke tempat semula. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.