Dark/Light Mode

Masyarakat Dayak Dorong Amji Attak Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 1 November 2022 16:41 WIB
Maria Goreti, Senator Dayak Kal-Bar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. (Foto: Ist)
Maria Goreti, Senator Dayak Kal-Bar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Goals yang diinginkan selaku putra-putri Dayak Kalbar, sosok pejuang pemberani ini bisa dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah. 

"Saya juga meminta pemerintah Republik Indonesia untuk memindahkan kerangka jenazah para pejuang Dwikora di Malaysia, agar dapat dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan di Tanah Air," pungkas Christina.

Beragam upaya berkelanjutan dilakukan oleh putra-putri terbaik Dayak Kalimantan Barat. Mereka sedang memperjuangkan agar Amji Attak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah.

Di antaranya dengan menyelenggarakan acara Diskusi dan Bedah Buku "Amji Attak Ranger Pahlawan Dwikora" yang diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Maria Goreti, Senator Dayak Kalbar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. 

Baca juga : Masyarakat Dan Santri Dieng Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Perempuan Dayak dari sub suku Dayak Kanayatn, Kebadu, Pahauman, Kabupaten Landak, Kalbar yang akrab dipanggil Yeti ini mengapresiasi kiprah Christina yang mampu menorehkan jejak sejarah melalui tulisan yang menginspirasi pada sebuah buku.

"Tujuan acara Diskusi dan Bedah Buku diselenggarakan, agar masyarakat Indonesia mengenal sosok Amji Attak. Ranger Pahlawan Dwikora yang mumpuni dalam Operasi Militer, serta berani menghadapi pasukan Belanda," kata Yeti, yang pernah terpilih sebagai perempuan terinspiratif kategori Politik Majalah Kartini.

Sebagai anak kandung sosiologis dan ideologis, ia merasa bertanggung jawab terhadap nama baik orang tuanya, Amji Attak. Generasi muda Kalibar, mesti mengenalnya, sebelum menelusuri perjuangannya.

Acara terselenggara atas kerja sama Yayasan Sumangat Nusantara, DPD RI, dan Dayakdreams.com dihadiri oleh sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, tokoh adat Suku Dayak, Budayawan dan Sejarahwan, serta keluarga besar Amji Attak hadir untuk memberikan dukungan.

Di antaranya, Perwakilan Pangdam XII Tanjungpura Kol. TNI AD Abdul Hamid, Perwakilan Gubernur Kalbar Drs. Ignatius IK, Dan Den Gegana Brimob Kalbar Kompol Mujiono, Kabid Humas Polda Kalbar Kombes R Petit W, Kasat Reskrim Polres Sanggau AKP Sulastri.

Baca juga : Jaga Daya Beli Masyarakat, Kunci Lolos Dari Hantaman Krisis Global

Hadir pula penulis buku Amji Attak, Christina Salomita Lomon Lyons dan suami Michael Lyons asal Amerika Serikat, serta Keluarga Besar Amji Attak yang berdomisili di Pontianak dan Anjungan, Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Buku Amji Attak buah karya Christina Salomita Lomon Lyons menceritakan kisah perjuangan Sang Bhayangkara Resimen Pelopor Brimob Polri keturunan sub suku Dayak Kanayatn lahir pada tahun 1933, di Desa Kepayang, Kec Anjungan, Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Amji Attak merupakan putra ke-7 dari 8 orang bersaudara. Ayahnya bernama Attak merupakan petani sederhana, dan Ibunya Ipah merupakan ibu rumah tangga.

Kedua orang tuanya merupakan sub suku Dayak Kanayatn di Kabupaten Landak. Pada saat Operasi Dwikora digaungkan oleh Presiden Soekarno, Amji Attak terpilih untuk melakukan tugas intelijen ke Singapura, yang waktu itu masih bergabung dengan Malaysia.

Saat memimpin misi rahasia melawan Belanda dalam Operasi Trikora, insiden memilukan dialami oleh Ranger. Sampan nelayan yang mereka tumpangi, yang digunakan untuk menuju bibir pantai ditemukan, kemudian dihancurkan oleh pasukan Belanda.

Baca juga : Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI Jadi Media Perekat Bangsa

Amji Attak beserta pasukannya kemudian ditawan. Perjuangan Amji Attak mencapai puncaknya pada Operasi Dwikora.

Untuk mengenang jasa-jasanya, namanya diabadikan sebagai nama Ksatrian Brimob Amji Attak di Kelapa Dua Depok. Hadir patung ikonik yang dibangun di Gerbang Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.