Dark/Light Mode

Masyarakat Dayak Dorong Amji Attak Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 1 November 2022 16:41 WIB
Maria Goreti, Senator Dayak Kal-Bar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. (Foto: Ist)
Maria Goreti, Senator Dayak Kal-Bar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Hadirnya buku Amji Attak disambut penuh suka cita oleh masyarakat Kalibar, khususnya suku Dayak. Kombes Raden Petit Wijaya mengatakan, pihak Polda Kalbar mendukung sepenuhnya upaya untuk mengusulkan Amji Attak dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah.

Di sini juga hadir Sulastri, pelaku sejarah dari peristiwa di Mako Brimob. Dukungan serupa datang dari Perwakilan Gubernur Kalbar Drs. Ignatisius IK.

"Tentu saja butuh dukungan masyarakat untuk memperjuangkan Amji Attak menjadi Pahlawan Nasional, " katanya.

Baca juga : Masyarakat Dan Santri Dieng Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Senada dengan Ignatisius IK, Kompol Mujiono Dan Den Gegana Brimob Kalbar menyampaikan, atas perintah langsung Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko, dan Dansat Brimob Kalbar Kombes M Guntur. Amji Attak adalah Pahlawan Brimob.

"Semangat, serta kesetiaan beliau terhadap NKRI tidak diragukan lagi. Beliau adalah panutan kami." katanya.

Ketua Dewan Adat Dayak, Kabupaten Mempawah, Kalbar Adrianus Marcel mengatakan, pihaknya harus melakukan gerakan-gerakan positif untuk menjadikan Amji Attak sebagai Pahlawan Nasional.

Baca juga : Jaga Daya Beli Masyarakat, Kunci Lolos Dari Hantaman Krisis Global

Di antaranya melalui upaya simbolik dengan membangun Tugu Amji Attak, dan membuat nama jalan. Salah satu keponakan Amji Attak, Subianto yang mewakili Keluarga Besarnya turut berbagi pendapat. Ia mengapresiasi terbitnya buku.

"Buku ini berisi tentang perjuangan Pak Tua kami Amji Attak. Selama ini saya hanya mendengar cerita heroik beliau dari orangtua saya Darmawi Attak, yang merupakan adik kandung dari Alm. Amji Attak, " ujar Subianto.

Menurutnya jasa-jasanya luar biasa bagi bangsa dan negara. Amji Attak yang menjadi simbol perjuangan, membela kebenaran, serta rela berkorban, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

Baca juga : Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI Jadi Media Perekat Bangsa

"Juga untuk keluarga besar Amji Attak, yang meneruskan perjuangan beliau, sesuai dengan kiprahnya masing-masing," kata Subianto.

"Salah satu cicit beliau, Brigadir Jordan Attak, putra dari Tatat Nathanael (cucu Amji Attak), menjadi penerus perjuangan kakek buyutnya. Saat ini Jordan Attak bersama pasukan Brimob lainnya sedang bertugas di Papua. Mohon doa restunya untuk Jordan meneruskan perjuangan leluhur kami Amji Attak," pungkas Subianto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.