Dark/Light Mode

Jokowi Effect Jaga

Elektabilitas Banteng Hasil Survei LSI Denny JA

Rabu, 2 November 2022 08:00 WIB
Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana. (Foto: Istimewa)
Peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara pendongkrak elektabilitas Golkar adat tiga. Pertama, kepuasan publik terhadap penanganan Covid-19 capai angka 76.5 persen. Dua aktor utama penanganan Pandemi dari Golkar, yakni Airlangga Hartarto dan Luhut Panjaitan.

Kedua, publik optimistis ekonomi rumah tangga tahun depan lebih baik di atas 60 persen. Menteri Koordinator Ekonomi adalah Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum Golkar.

Baca juga : Yang Doain Jokowi Jadi Ketum Banteng Tidak Wakili Ganjar Dan Relawan

“Pendongkrak ketiga, Airlangga muncul sebagai game changer sekaligus trendsetter melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Lahirnya KIB mengubah tren politik,” tuturnya.

Menanggapi hasil survei ini, Wakil Ketua Umum Bidang Kominfo DPP Partai Golkar Nurul Arifin mengaku senang. “Survei ini menurut kami sangat obyektif. Kader Partai Golkar bekerja secara profesional dan loyal. Inilah yang ketua umum kami kerjakan dan kami teladani,” kata Nurul kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Mardiono Kasih Kode Dukung Ganjar

Menurutnya, Airlangga telah sukses membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Setidaknya di dua hal yang paling krusial. Yakni penanganan pandemi dan membangkitkan perekenomian selama dan pasca pandemi. “Semuanya terbukti dan sukses dirasakan masyarakat,” ujar Nurul lagi.

Selain itu, terkait KIB bersama PAN dan PPP, sebagai koalisi yang paling awal dibentuk, diakui Nurul memang jadi pengubah permainan. KIB juga kini tetap solid dan terkendali ditengah isu perpecahan.

Baca juga : Elektabilitas Perindo Di Survei Litbang Kompas Naik, TGB Senang Betul

Survei nasional dilakukan tanggal 11 -20 September 2022 dan riset kualitatif. Survei nasional menggunakan 1200 respon­den di 34 Provinsi di Indonesia. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka (face to face inter­view). Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/-2.9 persen. Riset kualitatif dilaku­kan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.