Dark/Light Mode

Supaya Elektabilitas Dan Popularitasnya Meroket

Airlangga Disaranin Rajin Turun Gunung

Kamis, 18 Agustus 2022 07:30 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian).
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian).

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto belum juga naik di berbagai hasil survei lembaga kredibel. Apa penyebabnya dan apa tantangan Golkar mengkampanyekan Airlangga?

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo memaparkan, saat ini, calon presiden yang figurnya kuat punya aspek genuine yang ditunjukkan kepada publik.

Seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu rajin mempublikasi cara memimpin sebagai gubernur dengan kesan tegas dan merakyat.

Baca juga : Orang Miskin Tepuk Tangan

Lalu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan keluasan wawasannya berbicara visi kepemimpinan di banyak ceruk dan panggung.

“Inilah yang tak dipunyai Airlangga yang hampir tak pernah terlibat aktif dalam merespons beragam isu sembari menjelaskan visi kebangsaannya agar didengar publik. Kalau itu dilakukan akan ada engagement positif,” kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Mestinya, dengan posisinya sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga punya panggung mengkampanyekan visinya. Selain itu, Airlangga kurang gencar memanfaatkan media digital, seperti yang gencar dilakukan tim Ganjar dan Anies.

Baca juga : PSI Disaranin Bonceng Barisan Ganjar Pranowo

Secara teknis, Rio melihat, Airlangga kurang aktif mengkonsolidasi basis pemilih Golkar. Harusnya, Airlangga fokus saja di pemilih tradisional Beringin, sebelum merambah ke ceruk pemilih lainnya.

“Survei kami, pemilih Golkar yang milih Airlangga hanya 2,8 persen. Pemilih Golkar yang ke Prabowo itu ada 30 persen, yang ke Ganjar 23 persen. Artinya, Airlangga belum sampai ke akar rumput Beringin,” ingatnya.

Menurutnya, tidak ada langkah lain bagi Airlangga untuk menumbuhkan semangat pencalonan dari bawah, atau bottom up. Bukan sekadar formalitas belaka. Airlangga harus rajin turun gunung langsung ketemu akar rumput Beringin. Misalnya, dengan safari Airlangga ke rumah-rumah Pengurus Golkar di tingkat kecamatan hingga ke desa. “Masih ada waktu. Infrastruktur Golkar sangat mumpuni untuk melakukan ini,” sarannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.