Dark/Light Mode

Gegara BBM Subsidi, Elektabilitas Melorot

Banteng Woles Aja Tuh

Minggu, 25 September 2022 08:00 WIB
Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)
Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sama sekali tak pusing elektabilitasnya turun akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Naik turunnya elektabilitas menjadi bagian dari dinamika politik nasional.

"Jangan diberi tafsiran tunggal dan sesaat. hasil survei yang naik turun kami pandang sebagai bagian dinamika perpolitikan nasional,” ujar politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini merupakan reaksi atas survei terkini Charta Politika Indonesia, yang merilis survei elektabilitas partai politik pasca kebijakan Pemerintah menaikkan harga BBM subsidi. Hasilnya, elektabilitas PDIP turun dari angka 24,1 persen, menjadi 21,4 persen.

Baca juga : Elite Demokrat Dan Elite Banteng Saling Adu Data

Anggota Komisi XI DPR ini menyebut, fluktuasi atau naik turunnya elektabilitas partai menuju Pemilu 2024 berdasarkan hasil lembaga survei akan terus terjadi mengikuti dinamika politik nasional.

Misalnya, ketika terjadi kebijakan tidak populis seperti menaikkan harga BBM. Padahal, kebijakan yang diputuskan Presiden Jokowi itu bertujuan baik mengalokasikan subsidi BBM ke sektor lain. Misalnya bantuan sosial (bansos).

Menurutnya, PDIP siap menjadi partai yang menjawab tantangan bangsa kedepan yang semakin kompleks. Pasalnya, dibutuhkan energi ideologis yang segar dan tidak mudah larut dalam zona kenyamanan. Intinya, kebijakan yang keluar dari partai, pastinya berbasis kesejahteraan rakyat.

Baca juga : Elektabilitas Tak Terganggu Kok

“Kami terus mengingatkan kader agar bekerja lebih keras, melayani lebih ikhlas dan mencari solusi persoalan lebih cerdas,” ungkapnya.

Banteng juga menganggap biasa saja terhadap parpol yang tampil mengkritisi Pemerintah menaikkan harga BBM subsidi.

Menurutnya, posisi seluruh parpol saat ini tengah berlomba dalam kontestasi untuk memberi solusi nyata dan menjawab harapan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.