Dark/Light Mode

PAN Wacanakan Duet Ganjar-Emil

Partai Beringin Pilih Bersikap Teduh

Rabu, 2 November 2022 07:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kanan) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kanan) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Pembahasan tentang Capres Cawapres di KIB belum wak­tunya, karena kita sudah me­nyepakati di internal, pemba­hasan terkait figur dibahas jelang akhir pembahasan koalisi, atau istilahnya chapter terakhir,” ujar Ace, kemarin.

Ditegaskannya, Golkar saat ini masih mengusung Ketum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden mereka.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Bina Petani Kalbar Dan Beri Bantuan Alat Pertanian

Untuk diketahui, wacana men­duetkan Ganjar-Emil itu dicetus­kan oleh Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto. Menurutnya, duet ini sangat diperhitungkan par­tainya untuk maju di Pilpres 2024. PAN, katanya sedang mempertim­bangkan duet ini untuk disodor­kan ke KIB. Dia menilai, dua Gubernur itu saling melengkapi satu sama lain. Menurut dia, jika duet ini terwujud, maka Indonesia bakal dipersatukan.

Ihwal ini, Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi menilai pendapat Bima Arya adalah cerminan harapan masyarakat Jawa Barat yang menginginkan Kang Emil running for President Election. Bisa jadi, daerah berbeda memiliki asporasi politik yang beragam dan bervariasi.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Peringatan Maulid Nabi di Bogor

“Itulah indahnya kehidupan berdemokrasi. Masyarakat bebas menyatakan pendapat dan pemikiran baik lisan atau tulisan karena dijamin konstitusi,” ujar Yoga, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Apalagi, lanjutnya, Ganjar-Emil telah ditetapkan sebagai calon di pemilu presiden 2024 di dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN 2022, di samping nama lainnya, di antaranya Puan Maharani hingga Erick Thohir.

Baca juga : Ganjar Pranowo Festival #4 Berlangsung Meriah

“Sebagai bagian dari anggota KIB, PAN akan mengusulkan nama-nama yang telah ditetap­kan untuk dibahas dan diajukan KIB, bersama dengan Golkar dan PPP,” sebutnya.

Namun, nama-nama itu belum final. Pasalnya, pendaftaran Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden masih September 2023. PAN dan KIB, masih memonitor perkembangan dinamika politik nasional. “Dan KIB masih fokus membantu pemerintahan Presiden Jokowi untuk dapat meningkatkan kinerjanya sampai tuntas,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.