Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unik dan Kreatif, Majelis Taklim Gelar Musabaqah Shalawat Piala Airlangga

Minggu, 6 November 2022 14:42 WIB
Musabaqah Shalawat Emak-emak Majelis Taklim dan Santriwati Piala Airlangga Hartarto, di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Musabaqah Shalawat Emak-emak Majelis Taklim dan Santriwati Piala Airlangga Hartarto, di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beragam ekspresi dilakukan masyarakat Jawa Barat dalam menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. Kegiatan spontan yang dilakukan kelompok di akar rumput ini boleh dibilang unik dan kreatif. Salah satunya yang dilakukan warga masyarakat di Kabupaten Sukabumi yang menyelenggarakan Musabaqah Shalawat Emak-emak Majelis Taklim dan Santriwati.

“Kami selenggarakan kegiatan ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri, spontan saja dan kebetulan beliau, Pak Airlangga Hartarto mengijinkan nama beliau untuk dipergunakan,” ucap Oleh Solihin, Koordinator Masyarakat Cinta Airlangga Kabupaten Sukabumi, di Cisolok, Sukabumi, Minggu (6/11), seperti keterangan yang diterima RM.id.

Menurut Oleh, Airlangga adalah tokoh nasional yang santun, pandai, dan berpengalaman dalam pemerintahan dan cukup lama di legislatif. “Pengalaman beliau betul-betul terbukti menjaga Indonesia dari goncangan krisis dampak pandemi Covid-19. Terlihat juga dari bagaimana kemampuan beliau memimpin proses pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Baca juga : Diikuti 87 Atlet, Menteri ATR Gelar Kejuaraan Karate Hantaru 2022

Meski banyak prestasi, lanjutnya. Airlangga tetap tampil santun. Capaian yang diraih itu selalu dikatakan Airlangga bahwa semua merupakan arahan Presiden Jokowi dan hasil kerja bersama semua menteri serta dukungan seluruh rakyat Indonesia. “Kita butuh pemimpin yang sejuk, bekerja dalam senyap dan semuanya merasakan hasil kerjanya itu,” ucap Oleh.

Kegiatan Musabaqah Shalawat ini sudah berlangsung sejak awal Oktober di berbagai daerah di Kabupaten Sukabumi dan puncaknya dilaksanakan Minggu, (6/11) untuk menentukan juara ke satu, dua, dan tiga. Kategorinya, Emak-emak Majelis Taklim dan santriwati.

“Ibu-ibu Majelis Taklim harus diapresiasi. Ini semangat kami, agar semangat untuk terus taat beragama terjaga,” tegasnya.

Baca juga : Elektabilitas Golkar Modal Penting Pencalonan Airlangga 2024

Tokoh muda Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, tersebut menegaskan, lomba ini merupakan kegiatan dari masyarakat, oleh, dan untuk masyarakat. Hadiah dan konsumsinya pun dari masyarakat dengan rereongan, (iuran) bersama dengan semangat gotong royong yang bertumbuh di masyarakat. 

“Emak-emak dari rumah masing-masing membawa makanan. Ada uang pendaftaran alakadar dan hadiahnya pun tidak besar. Tapi, inilah kegembiraan kami dalam merefleksikan kecintaan kepada Baginda Rasul Muhammad SAW,” tegasnya.

Dukungan Dari Bandung
Selain di Kabupaten Sukabumi, di Kota Bandung, pelaku industri kreatif mendeklarasikan dukungan untuk Airlangga. Sekelompok pelaku industri kreatif yang menyebut dirinya Komunitas Pemuda Pelaku Industri Kreatif Kota Bandung, menyampaikan aspirasinya di Pabrik Kriya Kiaracondong, Kota Bandung. Uniknya, para pelaku industri kreatif itu membawa produk kerajinan dari kayu, keramik, dan produk fashion.

Baca juga : Satkar Ulama Siap Antar Airlangga Jadi Presiden

Komunitas Pemuda Pelaku Industri Kreatif Kota Bandung

Reksa Sandi Purnama, Koordinator Komunitas Pemuda Pelaku Industri Kreatif Kota Bandung, menyatakan bahwa Airlangga terbukti mampu mengelola pembangunan ekonomi di tengah badai krisis akibat pandemi Covid-19 yang sangat berat. “Alhamdulillah, sebagaimana kita rasakan, Indonesia baik-baik saja dan Insya Allah akan terlewati situasi ekonomi yang berat sekalipun. Harus diakui, ini bukti kepiawaian Pak Menko Perekonomian,” tegasnya.

Para pelaku industri kreatif, lanjut Reksa, merasakan benar berbagai kebijakan yang berpihak kepada mereka. Tentu saja, sebagai pelaku industri kecil dan menengah, mereka merasakan manfaat yang besar untuk kemajuan usaha yang ditekuni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.