Dark/Light Mode

PIKM Diharap Kurangi Angka Pengangguran Di Bangka Belitung

Rabu, 9 November 2022 21:35 WIB
Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) pertama dan satu-satunya di Provinsi Bangka Belitung diluncurkan di Kota Pangkal Pinang, tepatnya di Graha Timah, Rabu (9/11). (Foto: Istimewa)
Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) pertama dan satu-satunya di Provinsi Bangka Belitung diluncurkan di Kota Pangkal Pinang, tepatnya di Graha Timah, Rabu (9/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
PJ Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan, pihaknya berharap, kehadiran PIKM bisa merubah pola pikir masyarakat di provinsinya, terutama generasi muda, agar terus melanjutkan pendidikan sehingga bisa membangun diri, keluarga, dan provinsi tersebut dengan lebih baik.

Achmad Ardianto, Dirut PT Timah mengatakan, PIKM adalah bentuk nyata dari era kolaborasi saat ini dalam menuntaskan masalah riil kemasyarakatan. Perusahaan tak akan bisa membereskan problematika riil sekitar tanpa ada sokongan unsur pentahelix, yakni pemerintah, komunitas, universitas, dan media massa.

"Bagi saya, PIKM ini juga bentuk solusi untuk masyarakat yang under privilege tapi ingin meningkatkan taraf hidupnya melalui Pendidikan. PIKM mampu bekerjasama dengan penyedia modul pendidikan online terbaik tanpa membebani keuangan masyarakat," tambah Billy Mambrasar.

Baca juga : Pemuda Garda Terdepan Sebarkan Pesan Perdamaian Demi Indonesia Harmoni

PIKM sendiri akan bekerja sama dengan dua penyedia modul online learning mutakhir dan terbaik dari Pijar Foundation dan Pijar Mahir PT Telkom.

Cukup bermodal smartphone dan jaringan internet, peserta akan belajar daring metode terbaru seperti design sprint, business model canvas, digital marketing, content creator, dan seterusnya.

PIKM akan memastikan akses pelatihan kewirausahaan dan digital tidak hanya akan berada di seputar pulau jawa saja, tapi menjangkau hingga wilayah-wilayah terluar Indonesia dan menciptakan 96.000 pekerjaan per tahun.

Baca juga : Banjir, Pangkal Jembatan Di Rejang Lebong Bengkulu Terputus

Billy mengatakan, kolaborasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan Swasta, dan Yayasan (Nonprofit) seperti ini, sagat penting untuk mendorong kemajuan Indonesia di berbagai sektor.

"Ini akan membantu meringankan beban pemerintah, dalam menyelesaikan aneka tantangan kemasyarakatan di Indonesia," sebutnya 

Presiden Jokowi sejak pemerintahannya di Periode Kedua, terus menggulirkan berbagai program untuk mendorong pengembangan SDM Indonesia, dalam rangka menuju Indonesia Emas di tahun 2045. Peluncuran PIKM di seluruh Indonesia, dalam rangkaian strategi transformasi digital dan ekonomi Indonesia, adalah salah satu strategi yang diusulkan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.