Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aplikasi Maripay Permudah Transaksi Pekerja Migran di Malaysia

Rabu, 9 November 2022 22:16 WIB
Prosesi peresmian Maripay, Kolaborasi Finnet dengan Suis Digital dan Mpay yang berlangsung di Ball Room Hotel Pullman, pekan lalu.

.
Prosesi peresmian Maripay, Kolaborasi Finnet dengan Suis Digital dan Mpay yang berlangsung di Ball Room Hotel Pullman, pekan lalu. .

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Finnet Indonesia (Finnet) berkolaborasi dengan Suis Digital dan Mpay untuk membangun aplikasi yang ramah bagi PMI yang dinamakan Maripay. 

Kolaborasi ini didukung oleh Mandiri International Remittance Shd. Bhd (MIR) untuk mendukung operasional proses prefund Maripay dari Malaysia ke Indonesia.

Maripay merupakan layanan dompet elektronik berbasis aplikasi mobile yang memfasilitasi transaksi pembayaran, pembelian hingga 
pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. 

Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin menyampaikan, bahwa ada beragam solusi digital yang ditawarkan oleh Maripay untuk memberikan kemudahan PMI dalam melakukan transaksi finansial. 

Aplikasi Maripay ini kaya akan fitur. Salah satunya, pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. Jadi PMI tidak kesulitan lagi untuk melakukan pengiriman uang, bisa langsung dari tempat mereka bekerja tanpa harus mengantri, keluarga di Indonesia juga bisa melakukan penarikan dana di Indomaret maupun melalui bank yang terkoneksi dengan Finnet. 

Baca juga : IKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan Di Kaltim

“Tidak perlu khawatir juga dengan konversi mata uang, karena pengiriman langsung terkonversi dari Ringgit Malaysia ke Indonesia Rupiah,” tutur Rakhmad.

Seperti yang diketahui, beberapa PMI masih terkendala dalam melakukan pengiriman uang di antaranya, antrian yang panjang, biaya admin yang tinggi dan harus melalui loket transaksi. 

Tidak hanya itu, kebutuhan dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan di kampung halaman menjadi permasalahan lain. Maripay memberikan solusi remitansi yang dapat dilakukan di mana saja melalui aplikasi mobile. 

Selain itu, aplikasi ini terdapat fitur pembayaran tagihan bulanan untuk layanan di Indonesia (IndiHome, MNC Vision, PLN, BPJS Kesehatan, kartu Halo dan voucher pulsa) dan di Malaysia (Maxim, Digi, XOXO, Celcom, RedONE dan provider lainnya). 

“Ini menjadi nilai tambah dari aplikasi Maripay. Biaya admin yang ditawarkan jauh lebih murah dan pengiriman uang dilakukan secara real-time. Uang yang telah ditransfer dapat diambil di Indomaret dan kesemua rekening bank di Indonesia yang terkoneksi dengan Finnet,” jelasnya.

Baca juga : Dukcapil DKI-Imigrasi Kolaborasi Permudahan Pengurusan Dokumen Bagi WNA

Lebih lanjut Rakhmad menambahkan, PMI tidak perlu pusing lagi memikirkan keluarga di kampung halaman untuk bayar-bayar tagihan Maripay sudah memberikan solusinya secara digital. 

“Mau bayar tagihan-tagihan bulanan bisa, beli voucher juga bisa.” jelasnya.

Duta Besar Indonesia di Malaysia, Hermono menyampaikan apresiasi kepada atas inovasi aplikasi mobile Maripay yang telah memberikan solusi terbaik untuk PMI di Malaysia. 

“Terima kasih Finnet, Telkom dan pihak terkait atas perhatiannya kepada PMI di Malaysia. Menjadi concern kami untuk selalu menjaga warga negara Indonesia di Malaysia, memberikan keamanan, dan kemudahan selama PMI bekerja di Malaysia. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat selalu ditingkatkan.” ujarnya.

Sejalan dengan visi G20, Telkom sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi digital telco mendukung digitalisasi di segala lini, termasuk para pejuang devisa di Malaysia.

Baca juga : Gandeng MoneyGram, RemitPro Permudah Pekerja Migran Kirim Uang

Pada kesempatan terpisah, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan, Telkom akan berfokus membangun digitalisasi di segala lini. 

“Maripay merupakan salah satu peran kami untuk mewujudkan visi Telkom, tidak hanya mendigitalisasi namun memberikan benefit bagi PMI. Menjadi kebanggaan kami TelkomGroup bisa memberikan kontribusi kami kepada seluruh warga negara Indonesia sampai ke negeri Malaysia," tutup Budi.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.