Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ademkan Tensi Politik

Parpol Silakan Saling Kritik, Asalkan Pake Data Dan Santuy

Jumat, 11 November 2022 07:40 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain memberikan dukungan ke sejumlah tokoh politik yang berniat maju di Pilpres 2024, Presiden Jokowi juga berpesan, agar partai politik tak saling menjatuhkan. Sebaliknya, hendaknya antar partai dan politisi saling memuji, supaya tensi politik tetap adem.

Menanggapi imbauan Presiden Jokowi, politisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno setuju. Arahan ini sangat bijaksana. “Harapan dan arahannya sanga tbijaksana. Pujian lebih arif dibanding makian dan fitnah,” ujar Hendrawan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Fakta Penting Perayaan Bulan Bahasa Dan Sastra

Dikatakan, kultur saling memuji dan saling menghargai lebih selaras dengan asas go­tong royong dan kekeluargaan. Sebab, di tengah masyarakat ma­jemuk dan plural, budaya saling memuji akan menjadi perekat modal sosial masyarakat.

Namun, dampak negatif dari saling memuji justru melahirkan budaya konformisme yang statis dan anti perubahan. Oleh karena itu, lazimnya dalam sebuah per­saingan politik, harus tetap ada ruang untuk saling kritik dan serang dalam narasi kampanye. “Tentunya, berdasarkan data dan disampaikan dengan elegan,” cetusnya.

Baca juga : Nelayan Sulsel Ajak Warga Kepulauan Saugi Mengoptimalkan Hasil Tangkapan

Partai pendukung pemerintah lainnya seperti Golkar juga sepakat dengan arahan Jokowi. Sebab, persaingan pemilu tak perlu diisi dengan hujatan antar peserta dan masyarakat.

“Bagus saja. Saling memuji antarpartai lebih baik daripada saling menghujat dan meng­hina,” ungkap Ketua DPP Golkar, TB Ace Hasan Syadzily dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Lawan Latvia, Tim Merah Putih Andalkan Kekuatan Inti

Ace menyakini, arahan Jokowi ini bukan berarti mengharamkan perang gagasan, program dan ide. “Ada adu gagasan tapi tetap kondusif,” tandasnya

Sementara itu, bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semua politisi agar tidak saling menjatuhkan dan menjaga persaingandan rivalitas politik tetap sehat. “Bagaimana pun politik yang teduh itu dampaknya positif bagi bangsa,” ujar Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.