Dark/Light Mode

Tiga Provinsi Baru Papua Diresmikan

Sah, Indonesia Punya 37 Provinsi

Senin, 14 November 2022 06:30 WIB
Tiga provinsi daerah otonom baru di Papua (Twitter @setkabgoid)
Tiga provinsi daerah otonom baru di Papua (Twitter @setkabgoid)

 Sebelumnya 
Padahal, ide pemekaran provinsi Papua ini mendapat penolakan yang cukup masif di Bumi Cenderawasih. Gagasan tersebut ditolak lantaran dikhawatirkan berujung pada eksploitasi Papua secara besar-besaran.

Aksi unjuk rasa menolak pemekaran Papua pun berulang kali digelar. Baik oleh mahasiswa maupun warga lokal.

Tak hanya prosesnya yang cepat, pembahasan RUU pemekaran Papua juga dinilai tidak partisipatif. Karena dilakukan secara sepihak oleh pembuat undang-undang di pusat.

Padahal, berlaku Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Baca juga : Jadi Penggerak Ekonomi Di Asia, Indonesia Makin Tangguh

Dalam UU itu disebutkan bahwa pemekaran wilayah di Papua hanya dapat dilakukan atas persetujuan Majelis Rakyat Papua (MRP), lembaga negara yang atas amanat otonomi khusus menjadi representasi kultural orang asli Papua (OAP).

Namun, dalam perjalanannya, UU Otsus itu sempat direvisi pada 2021. Salah satu aturan yang direvisi adalah bahwa selain atas persetujuan MRP, pemekaran wilayah di Papua dapat dilakukan oleh Pemerintah.

Kendati begitu, tiga RUU telah disahkan menjadi undang-undang. Pemerintah juga telah meresmikan tiga provinsi baru di Tanah Air sehingga Indonesia kini resmi memiliki 37 provinsi.

Netizen menyambut baik peresmian tiga provinsi baru di Papua. Diharapkan, keamanan dan pembangunan di Papua semakin membaik sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat.

Baca juga : Tito Lantik 3 Pj Gubernur DOB Papua, Salah Satunya Perempuan

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Ham (Menko Polhukam), Mahfud MD mengucapkan selamat kepada tiga Pj Gubernur di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. “Kita berharap keamanan dan kesejahteraan rakyat di tanah Papua terus membaik,” ujarnya melalui akun @mohmahfudmd.

“Selamat,” ujar @dian_9395. Wow 37 provinsi,” timpal @kemalnunu. “Dan Papua pegunungan, satu satunya provinsi di Indonesia yang nggak ada pantainya,” tambah @ridwansyarif_ab.

Akun @Ekosukamto17 berharap rakyat Papua terbebas dari keterbelakangan dengan adanya provinsi baru. Kata dia, saat ini Papua dalam kondisi kontraproduktif, di satu sisi ada perusahaan modern freeport, di sisi lain rakyatnya belum tersentuh peradaban.

“Adapun ibu kota Provinsi Papua Selatan adalah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Tengah adalah Kabupaten Nabire, dan Provinsi Papua Pegunungan adalah Kabupaten Jayawijaya,” ungkap @GNFI.

Baca juga : Yandri Ngarep Perempuan Indonesia Teladani Para Pejuang

Akun @Defiindra83 mengatakan, peresmian 3 provinsi baru ini harus bisa membuat Papua semakin aman. Dia juga berharap, teroris di Papua cepat diberantas demi amannya Papua, Indonesia secara keseluruhan. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.