Dark/Light Mode

Tito Lantik 3 Pj Gubernur DOB Papua, Salah Satunya Perempuan

Jumat, 11 November 2022 16:20 WIB
Mendagri Tito Karnavian melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, di Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, di Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua. Pelantikan berlangsung di Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11). Pelantikan ini merupakan rangkaian acara dari peresmian tiga DOB Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan yang berlangsung secara bersamaan.

Ketiga Pj yang dilantik tersebut berasal dari kalangan sipil serta merupakan putra-putri asli Papua. Ketiganya dilantik setelah lolos seleksi Tim Penilai Akhir (TPA). Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/P Tahun 2022, tanggal 10 November 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Baca juga : Oesman Sapta: Rebut Hati Kaum Perempuan Di Pemilu 2024

"Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, atas rahmat dan taufiknya, pada hari Jumat, tanggal 11 November 2022, saya Menteri Dalam Negeri resmi melantik Saudara Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Saudari Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, Saudara Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan," kata Tito, mengucapkan kata-kata pelantikannya.

Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan yang lahir di Agats, 24 April 1975. Kemudian, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo merupakan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama Internasional Kejagung, yang lahir di Merauke pada 13 Maret 1964. Sedangkan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik yang lahir di Piramid pada 10 Januari 1971.

Baca juga : Ini 8 Manfaat Program Jet Tempur KF-21 Dengan Korsel, Salah Satunya Buka Peluang Ekspor

"Saya percaya bahwa Saudara/Saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar Tito.

Para Pj yang dilantik tersebut akan memimpin jalannya pemerintahan di tiga DOB Papua hingga terpilihnya kepala daerah definitif hasil Pilkada Serentak Tahun 2024.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.