Dark/Light Mode

Manfaat G20 Untuk Rakyat (2)

Pariwisata Dapat Durian Runtuh

Selasa, 15 November 2022 06:40 WIB
Seorang polisi berjalan melewati tanda G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 7 Juli 2022. (Foto: AFP)
Seorang polisi berjalan melewati tanda G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 7 Juli 2022. (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Anggota Satgas Desa Adat Made Arta menjamin, keamanan area wisata tetap terkendali. Tidak ada pengetatan apa pun di area wisata saat KTT G20. "Cukup amanlah, karena ada petugas khusus diperbantukan dari negara peserta maupun dari desa adat, disini juga sudah ada," ucap Made.

Sampai pukul 23.20 WITA, kawasan Legian masih banyak turis asing maupun wisatawan domestik yang lalu lalang. Di antara mereka ada yang mampir ke tempat penjualan cinderamata, ada juga yang istirahat sejenak di kafe sekitar Legian.

Suasana ramai juga terlihat di Hotel Hilton Garden Inn Bali. Hotel yang berada di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai ini nampak dipadati tamu. Hotel ramai di-booking tamu yang berkepentingan dengan agenda KTT G20.

Baca juga : G20 Untuk Rakyat

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan, sebanyak 24 hotel yang disiapkan untuk menampung delegasi G20 maupun B20 di kawasan ITDC Nusa Dua dan Sawangan sudah terisi penuh untuk periode 12-17 November 2022.

Maka, tamu reguler mencari hotel alternatifnya di wilayah lain. Seperti Jimbaran, Kuta, Legian, Seminyak, Canggu, Sanur, hingga Ubud. Dari catatan PHRI Bali, rata-rata peningkatan okupansi di wilayah-wilayah itu sampai ke angka 75 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menerangkan, pelaksanaan KTT G20 di Bali dipastikan akan mendukung tercapainya target kunjungan wisatawan mancanegara sejumlah 3,6 juta orang.

Baca juga : Tukang Oleh-oleh Banjir Pesanan

Bahkan pergerakan wisatawan di seluruh nusantara bisa di atas 800 juta orang untuk di 2022.

"Optimistis melalui KTT G20 akan menggerakkan perekonomian Bali yang tumbuh di atas 8 persen di triwulan III-2022," ujarnya, dalam siaran pers dari Media Center KTT G20, Bali International Convention Centre (BICC).

Dia juga berharap, kualitas belanja dari wisatawan baik mancanegara maupun nusantara, akan meningkat. Sehingga berdampak terhadap sektor UMKM. Menurut Sandiaga, belanja wisatawan menjadi lebih besar khususnya kepada sektor kreatif yang berkaitan dengan kepariwisataan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.