Dark/Light Mode

Digoyang Hoaks Masuk RS

Menlu Rusia Nyantai Di Teras

Selasa, 15 November 2022 08:00 WIB
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. (Foto: Tangkapan layar Telegram).
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. (Foto: Tangkapan layar Telegram).

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru semalam menghirup udara Bali, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov sudah kena isu miring. Sergey yang datang ke Bali untuk menghadiri KTT G20 mewakili Presiden Rusia, Vladimir Putin digoyang hoaks masuk rumah sakit karena serangan jantung. Setelah berita tersebar, pihak Rusia buru-buru membantah dengan mengupload video Sergey saat sedang nyantai lewat media sosial.

Seperti diketahui, Sergey jadi salah satu perwakilan negara anggota G20 yang hadir lebih awal di Bali. Dia mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Senin (13/11) malam, beberapa jam sebelum kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Setelah 1 malam nginap di Bali, Sergey justru dikabarkan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah Denpasar atau RSUP Sanglah. Sergey diberitakan terkena serangan jantung sehingga harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Baca juga : Saudara Yang Harus Dirangkul

Salah satu sumber pemberitaan terkait sakitnya Sergey berasal dari Associated Press yang kemudian dikutip banyak media-media dari luar negeri. Menurut Associated Press itu, Sergey dilarikan ke rumah sakit berdasarkan keterangan dari pejabat-pejabat Indonesia karena terkena serangan jantung.

Hingga semalam, aktivitas di RSUP Prof Ngoerah Denpasar masih berjalan seperti biasa. Termasuk Paviliun Wings VIP dan VVIP rumah sakit yang biasa digunakan untuk perawatan pejabat negara. Tidak ada penjagaan ketat dari aparat keamanan baik Polisi maupun TNI secara mencolok.

Benarkah Sergey sakit dan dirawat? Juru Bicara Kemenlu Rusia, Maria Zakharova membantah dengan tegas berita tersebut. Kata dia, kabar yang menyebutkan Sergey dirawat karena serangan jantung adalah kebohongan.

Baca juga : Ganjar Nggak Senang

“Sergey Viktorovich dan saya di sini di Indonesia membaca halaman berita dan tidak bisa mempercayainya,” tegasnya.

Salah seorang pejabat Rusia memposting video Sergey dalam keadaan baik-baik saja, sekaligus membantah kabar sebelumnya bahwa dia dilarikan ke rumah sakit. Melalui akun Instagramnya, Anggota Dewan Politik Regional Rusia Ernest Makarenko pada Senin (14/11) memposting video Lavrov tengah duduk santai di teras mengenaikan kaos berwarna biru dan celana pendek.

Terlihat jelas dalam video itu, Sergey sedang berada di pinggir pantai di Bali. Dia duduk di atas meja menghadap meja bundar kecil yang di atasnya banyak kertas bertumpuk-tumpuk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.