Dark/Light Mode

Usai Gelaran KTT G20

Jokowi Makin Harum Di Luar, Wangi Di Dalam

Jumat, 18 November 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Syukuran Panitia Nasional Pelaksanaan G20 Tahun 2022, yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, pada Kamis (17/11/2022). (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Syukuran Panitia Nasional Pelaksanaan G20 Tahun 2022, yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, pada Kamis (17/11/2022). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

 Sebelumnya 
“Selama perhelatan KTT G20 2022 beberapa hari terakhir, saya memang bertemu banyak delegasi dari berbagai negara peserta. Namun ada satu kesempatan yang cukup berkesan bagi saya, yaitu ketika berada dalam satu mobil dari lokasi acara menuju bandara bersama Presiden Uni Emirat Arab,” ujarnya dalam tulisan di unggahan tersebut.

Luhut menegaskan kalau Presiden MBZ sangat menyukai kepemimpinan Jokowi dalam menggelar KTT G20. “Sepanjang perjalanan, saya mendengarkan bagaimana beliau tak henti-hentinya memuji leadership Presiden @jokowi yang diakuinya telah sangat sukses mengemban amanat Presidensi G20 tahun ini,” katanya.

Luhut lalu mengucap syukur karena seluruh rangkaian KTT G20 ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses. “Sampai-sampai yang tersisa dari acara ini hanyalah pujian dan rasa hormat dari seluruh Kepala Negara, perwakilan delegasi, serta tamu kenegaraan lainnya,” pungkasnya.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar, Presiden Jokowi Makin Ngerti Perasaan Rakyat

Di Tanah Air, kepiawaian Jokowi memimpin KTT G20 juga banjir apresiasi. Ketua MPR, Bambang Soesatyo menilai, proyek-proyek yang disepakati dalam Deklarasi Bali oleh para pemimpin negara G20 sangat bermanfaat. Bukan hanya bagi negara anggota G20, tapi juga untuk negara lain.

Misalnya di sektor pangan. Negara G20 sepakat untuk tidak melarang atau membatasi ekspor produk pangan dan pupuk. Bamsoet-sapaannya, menilai kesepakatan itu adalah respons atas krisis pangan yang terjadi akibat gejolak geopolitik belakangan ini.

“G20 juga mendukung pertumbuhan ekonomi berkembang, terutama pulau-pulau kecil dengan menghimpun investasi publik dan melakukan reformasi struktural,” kata Bamsoet.

Baca juga : Jokowi: Dunia Harus Siap

Politisi Golkar ini juga mengapresiasi poin tegas terkait perang Rusia Ukraina. “Mayoritas anggota G20 juga mengutuk keras perang di Ukraina dan menekankan bahwa perang membawa penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerapuhan yang ada dalam ekonomi global,” tandasnya.

Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menilai pelaksanaan KTT G20 di Bali cukup sukses. Menurutnya, Indonesia mampu menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik. “Mampu menyambut dan melayani tamu-tamu kenegaraan dengan baik. Memang kelebihan Indonesia sebagai bangsa yang ramah, dapat ditunjukkan dengan baik oleh pemerintahan saat ini, melalui penyelenggaraan G20 di Bali,” kata Herzaky tadi malam.

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Prof Maswadi Rauf melihat presidensi G20 yang dipegang Indonesia cukup berhasil. Tak cuma dari sisi penyelenggaraan acaranya yang lancar dan cukup menarik, sejumlah poin penting dan berani berhasil dicapai dibawah keketuaan Jokowi di G20. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.