Dewan Pers

Dark/Light Mode

Blusukan Ke Pasar, Presiden Jokowi Makin Ngerti Perasaan Rakyat

Kamis, 17 November 2022 11:11 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai blusukan meninjau dan membagikan bantuan kepada masyarakat dan para pedagang di Pasar Badung, kota Denpasar, Bali, Kamis(17/11) pagi. (Foto: Screenshot Youtube Biro Pers Istana)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai blusukan meninjau dan membagikan bantuan kepada masyarakat dan para pedagang di Pasar Badung, kota Denpasar, Bali, Kamis(17/11) pagi. (Foto: Screenshot Youtube Biro Pers Istana)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo blusukan meninjau dan membagikan bantuan kepada masyarakat dan para pedagang di Pasar Badung, kota Denpasar, Bali, Kamis(17/11) pagi.

Jokowi tiba sekitar pukul 08.47 WITA. Ia disambut ratusan masyarakat yang sudah berbaris menanti di depan pintu pasar terbesar di Pulau Dewata tersebut.

Setelah menyapa masyarakat, Presiden kemudian masuk ke dalam pasar dan berdialog dengan para pedagang.

Berita Terkait : Serahkan Palu Presidensi, Jokowi Dukung Kesuksesan G20 India 2023

Dalam keterangan persnya seusai meninjau pasar, Jokowi menyampaikan kegiatannya meninjau Pasar Badung untuk mengecek harga-harga barang.

"Perlu saya sampaikan pada pagi hari ini setelah acara G20, saya ke Pasar Badung untuk seperti biasanya, saya ingin melihat harga-harga barang, kemudian inflasi. Itu penting dalam hal kita membuat policy dari keadaan-keadaan yang ada di pasar," tutur Jokowi, seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, hal tersebut selalu dilakukannya saat berkunjung ke sejumlah daerah.

Berita Terkait : G20 Hasilkan Deklarasi Bersama, Presiden: Indonesia Upayakan Solusi Terbaik

"Setiap pagi saya sarapan pagi dengan angka-angka makro dan mikro ekonomi, dan saya selalu mengecek secara langsung ke pasar. Saya bicara langsung dengan masyarakat," ucap Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengatakan pergi ke pasar membuat dirinya mengerti tentang berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, termasuk para pedagang.

Jokowi mengatakan hal itu kepada para pewarta dari media lokal dan asing yang mengikuti kunjungannya ke Pasar Badung di Denpasar, Bali, Kamis pagi.

Berita Terkait : Golkar Yakin Panglima TNI Baru Pilihan Jokowi Pasti Yang Terbaik

"Going to the market like this, made me understand. Understand very well, what the community is facing (Pergi ke pasar seperti ini membuat saya mengerti. Mengerti dengan baik, apa yang dihadapi masyarakat)," kata Jokowi di Denpasar, Kamis.

Dengan mengerti persoalan yang dihadapi masyarakat itu, Jokowi bersama jajaran Pemerintahan kemudian bisa membuat kebijakan baik dan tepat bagi masyarakat.

Saat meninjau pasar, Jokowi sempat berbincang dengan beberapa pedagang yang ditemui. Dia menanyakan kepada pedagang mengenai omzet penjualan saat pandemi Covid-19 mulai mereda. Jokowi juga membagikan paket sembako dan uang tunai kepada para pedagang sebagai tambahan modal usaha.