Dark/Light Mode

Dari Bully Di Sekolah Sampe Anak SMP Nendang Nenek-nenek

Mahfud Penyambung Lidah Netizen

Senin, 21 November 2022 07:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Istimewa).
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika Bung Karno dikenal sebagai penyambung lidah rakyat, Menko Polhukam Mahfud bisa dikatakan sebagai penyambung lidah para netizen alias warganet. Segala kegusaran yang disuarakan netizen yang jadi viral, kemudian kembali disuarakan oleh Mahfud.

Belakangan ini, Mahfud kerap turun tangan langsung merespons masalah-masalah hukum yang heboh di masyarakat. Baik di dunia nyata, maupun yang terjadi di dunia maya. Dari kasus besar, sampai kasus kecil. Dari kasus Ferdy Sambo, tragedi Kanjuruhan, sampai kasus bullying.

Baca juga : Ini Jersey Anyar Maung Bandung Menyambut Liga 1

Para warganet pun tak segan me-mention akun Twitter Mahfud, @mohmahfudmd, jika ada kasus yang sedang viral. Kadang, tanpa dicolek pun, Mahfud sering langsung merespons kejadian yang viral itu.

Contohnya, saat akun @KompasTV mengunggah berita, Sabtu (19/11) berjudul Viral Video Bullying Siswa SMP Plus Baiturrahman, Kepala Sekolah: Mereka Main Gim Tebak-tebakan. Mahfud pun langsung bereaksi.

Baca juga : Dari Batik Sampai PLTS Irigasi, Cik Ujang: PTBA Sangat Membantu Pembangunan Lahat

"Ini sungguhan atau sekadar main-main untuk konten medsos? Ada bagian-bagian yang sekadar acting agar dilihat serius. Tapi, kalau ini sungguhan sebagai penganiayaan, maka pelakunya harus ditindak oleh polisi @DivHumas_Polri," tulis Mahfud.

Lalu, kemarin, akun @zoelfick mengunggah video berdurasi 13 detik yang menampilkan kenakalan remaja. Ada enam pelajar berseragam pramuka, mengendarai motor. Di jalanan, mereka menjumpai seorang nenek. Para pelajar itu, berhenti. Dua orang mengejek si nenek, sambil merokok. Satu lagi, tiba-tiba datang dan menendang si nenek tersebut hingga terjatuh. Sontak, si nenek pun pergi ketakutan. Para pelajar itu puas, tertawa, dan pergi mengendarai sepeda motor.

Pelajar Tendang Nenek yang Viral
Sekelompok pelajar menendang seorang nenek hingga terjatuh sambil mengendarai motor di Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. (Twitter @zoelfick)

Baca juga : Pancamain Bikin Anak Senang Dengan Pancasila

"Ngenes! Mereka pelajar, tapi masih kekurangan pelajaran kasih sayang," tulis @zoelfick, melengkapi unggahannya.

Mahfud pun langsung bereaksi. "Ini lagi @DivHumas_Polri. --> motornya T 3350 BK," tulisnya Mahfud, meminta polisi bertindak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.