Dark/Light Mode

Kerahkan Semua Bantuan

Ayo Urusin Gempa, Stop Urusan Politik

Rabu, 23 November 2022 08:01 WIB
Kondisi bangunan yang hancur karena gempa Cianjur. (Foto: Antara)
Kondisi bangunan yang hancur karena gempa Cianjur. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Kemudian skema kedua yaitu masyarakat diberikan dana tunggu hunian. Misalnya, warga terdampak bisa tinggal sementara waktu di rumah tetangga atau sanak saudara sembari menunggu rumah yang baru jadi. Nantinya, pemerintah akan membantu lewat uang sewa bulanan sampai rumahnya selesai dibangun.

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyatakan,  penanganan pascagempa di Cianjur akan dilakukan secara paralel. Penanganan dimulai dari tahap tanggap darurat hingga tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Pemerintah juga telah mengalokasikan dana siap pakai biaya tidak terduga dari pemerintah kabupaten sebesar Rp 5 miliar, sementara dari pemerintah provinsi sebesar Rp 20 miliar. Selain itu, dana yang bersifat elastis yang sesuai kebutuhan juga dialokasikan BNPB," kata Muhadjir, usai rapat, kemarin.

Baca juga : DKI Kirim Bantuan Ke Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

Di jagat Twitter, gempa yang mengguncang Cianjur menjadi perhatian warganet. Seruan untuk membantu korban gempa terus disuarakan. Alhamdulillah, di masa tanggap darurat, bantuan mulai berdatangan dari berbagai pihak. Tak hanya dari relawan kebencanaan, tapi juga dari ikatan dokter dan partai politik.

BPBD DKI misalnya menerjunkan  154 personel gabungan. Tim berangkat dari Jakarta, kemarin sore. Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) menerjunkan puluhan dokter ortopedi untuk   membantu penanganan awal para korban gempa di Kabupaten Cianjur.

Presiden PABOI, Prof Ismail mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BNPB untuk terjun langsung ke daerah terdampak. Menurut dia, upaya tersebut untuk menghindari terjadinya penumpukan pasien pada satu rumah sakit. Sehingga tidak terjadi keterlambatan penanganan pasien korban bencana.

Baca juga : KSAL Kirim Pasukan Untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

"Pengurus Pusat (PP) PABOI bekerja sama dengan PABOI Jawa Barat akan mulai mendata kebutuhan logistik, pendataan rumah sakit terdekat dan layak dijadikan tempat rujukan untuk melakukan tindakan operasi pada kasus ortopedi," kata  Prof Ismail.

Sejumlah parpol pun menginstruksikan kadernya untuk membantu korban gempa. Ketum PKB Muhaimin Iskandar misalnya meminta kadernya terjun ke lapangan membantu korban gempa. Ia berjanji akan membiayai sejumlah pengobatan warga dan renovasi kerusakan bangunan akibat gempa. 

Selain PKB, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menginstruksikan jajarannya yang ada di Jawa Barat dan Cianjur untuk terjun langsung ke lapangan. 

Baca juga : KADIN: Pertimbangkan Keberlanjutan Usaha, Kenaikan Upah Harus Tepat Sasaran

Begitu juga dengan Gerindra. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo Subianto menginstruksikan agar seluruh kader Gerindra bahu-membahu dan gotong royong membantu masyarakat Cianjur. "Sehingga, dapur-dapur umum tenda pengungsian warga itu tetap ngebul dan tidak kekurangan makanan," kata Muzani dalam keterangannya, kemarin. 

PDIP pun turut membantu. Tim Baguna dari Pusat dan PDIP Jawa Barat mengirimkan tim dokter dan membawa obat-obatan serta mendirikan dapur umum. 

Pengamat politik, Sugiyanto meminta, semua pihak fokus membantu korban gemba Cianjur. Apalagi masih banyak korban yang belum mendapatkan bantuan. “Kita fokus bantu korban gempa, urusan politik stop juga,” ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.