Dark/Light Mode

Generasi Muda Efektif Majukan Bangsa

Ayo, Milenial Masuk Politik

Kamis, 10 November 2022 07:50 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. (Foto: MPR)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. (Foto: MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai, perlunya transformasi dalam sistem politik di Indonesia agar generasi muda mau masuk dalam dunia politik. Semakin banyak anak muda berpolitik, semakin maju bangsa ini.

“Apakah sistem politik kita memungkinkan generasi mile­nial masuk? Saya agak pesi­mistis, karena biaya politik di Indonesia tinggi, lalu bagaimana milenial ikut sistem tersebut,” kata Jazilul dalam diskusi berta­juk “Pemilih Pemula dan Potensi Kaum Muda sebagai Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa”, di Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin.

Jazilul menilai, peran generasi muda khususnya milenial sangat penting untuk kemajuan bangsa ke depan. Perkembangan apa pun, titik tolaknya berasal dari politik yang menentukan arah bangsa.

Baca juga : Muhammadiyah Putuskan Jaga Jarak Politik Praktis

“Jalur politik dianggap kaum milenial merupakan ‘jalan me­wah’, sehingga partai politik (parpol) harus cari jalur agar anak muda masuk dunia politik,” saran Wakil Ketua MPR ini.

Selain itu, Jazilul menyoroti terkait dibatasinya sosialisasi dan pendidikan politik di lembaga pendidikan dan tempat ibadah. Semestinya, lembaga pendidi­kan seperti kampus merupakan tempat berkumpulnya generasi milenial, sehingga efektif dalam memberikan sosialisasi politik.

Dia mengaku heran kenapa generasi muda malah dijauhkan dari dunia politik, karena disebut kampus harus steril dari politik. Hal itu akan menjadikan politik sebagai ‘barang’ mewah.

Baca juga : Lestari: Generasi Muda Harus Aktif Atasi Dampak Perubahan Iklim

“Bila kaum milenial tidak boleh diajari politik, maka akan membuat perkembangan Indonesia lambat,” kritiknya.

Dia menyarankan ada revisi terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik (Parpol) untuk ke­pentingan generasi milenial agar mau masuk dalam dunia politik.

Senada, Wakil Ketua Komisi II DPR Yanuar Prihatin menilai, pengetahuan politik generasi muda di lingkungan lembaga pendidikan seperti sekolah dan kampus kudu digenjot.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.