Dark/Light Mode

Meski Elektabilitasnya Kurang Moncer

Anies Bakalan Tetap Rajin Keliling Daerah

Rabu, 23 November 2022 07:40 WIB
Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan saat berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). (Foto: Facebook)
Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan saat berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, Anies lagi getol turun ke daerah-daerah. Setelah keliling ke Solo dan Yogyakarta, akhir pekan lalu, Anies menginjakkan kaki di tatar Sunda. Eks Rektor Universitas Paramadina itu, mengawali safari pada Sabtu lalu, dengan mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Tasikmalaya dan Ciamis.

Sayangnya, meski rajin berkampanye keliling daerah, elektabilitas Anies masih belum terlalu menggembirakan. Dalam sejumlah survei yang digelar lembaga kredibel, Anies masih belum bisa menyalip elektabili­tas Prabowo dan Ganjar.

Baca juga : Prestasi Ekonomi Bikin Elektabilitas Airlangga Meroket

Dari hasil survei Litbang Kompas yang digelar Oktober lalu misalnya, elektabilitas Anies berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 16,5 persen. Di posisi pertama masih ditempati Ganjar dengan 23,2 persen, dan disusul Prabowo 17,6 persen.

Meski di posisi ketiga, elek­tabilitas Anies mengalami tren naik. Survei sebelumnya yang digelar pada Juni, elektabilitas Anies ada di kisaran 12 persen.

Baca juga : Selain Elektabilitas, Capres KIB Kudu Berintegritas Dan Pro Rakyat

Sementara elektabilitas Prabowo trennya justru menu­run. Padahal, pada survei Juni 2022, tingkat elektoral mantan Danjen Kopassus itu, berada di angka 25,3 persen. Sedangkan Ganjar mengalami kenaikan tipis dari survei sebelumnya di angka 22 persen.

Elektabilitas Ganjar dalam survei SMRC pada Oktober 2022 menempati peringkat tera­tas dengan 32,1 persen. Posisi Ganjar disusul Prabowo dengan 27,5 persen dan Anies 26 persen.

Baca juga : Negaranya Digoyang Bom, Presiden Turki Tetap Ke Bali

Indikator Politik Indonesia ju­ga merilis hasil survei. Hasilnya, Ganjar di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 29 persen. Diikuti Prabowo 19,6 persen dan Anies 17,4 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.