Dark/Light Mode

Komisi Informasi Pusat Ditunggu Gebrakannya

Jumat, 25 November 2022 08:59 WIB
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio saat Diskusi Media untuk Keterbukaan Infomasi, Kamis (24/11). (Foto: Istimewa)
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio saat Diskusi Media untuk Keterbukaan Infomasi, Kamis (24/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi berjanji akan mengkomunikasikan hal ini langsung ke KI Pusat. Ia juga akan menanyakan rating partisipasi publik terhadap KI Pusat.

"Sekarang persoalannya bagaimana publik ingin berpartisipasi. Orang ini mayoritas pada nggak tau apa itu KI maka nanti akan coba kami sampaikan ini," kata Bobby menjawab pertanyaan Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : PKB Bertahan, Tak Mau Cerai

Harapannya ke depan, lanjut Bobby, KI Pusat mampu menjalankan tugasnya, mendorong pengelolaan lembaga publik yang bersih, transparan dan akuntabel sesuai cita-cita demokrasi.

"Kami Komisi I DPR RI tentunya akan terus mendorong para komisioner KIP untuk bekerja lebih optimal dan mencapai indikator-indikator keberhasilan yang telah diamanatkan oleh UU Nomor 14 Tahun 2008," tegas Bobby.

Baca juga : Kementerian ESDM Apresiasi Dunia Usaha Dukung Pengembangan EBT

Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro mengaku terbuka atas setiap saran dan kritik. Jika dibilang kurang informatif dan komunikatif maka akan menjadi bahan evaluasi internal.

"Kami terbuka terhadap berbagai masukan. Toh, kritik juga positif untuk memperbaiki KI Pusat ke depan agar menjadi lebih baik," katanya. 

Baca juga : Lestari: Transformasi Harus Didukung Massifnya Literasi Digital

Dia mengaku memang banyak isu strategis yang sebetulnya publik mengharapkan keberadaan KI Pusat di sana. pihaknya berupaya untuk lebih proaktif melakukan komunikasi melalui berbagai platform media.

Menurutnya, ini masukan bagus untuk KI Pusat agar ke depan publik lebih memiliki awareness terkait tugas dan wewenang KI Pusat dalam mengawal keterbukaan informasi dan mendorong partisipasi aktif publik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.