Dark/Light Mode

Hati-hati Penipuan, Jangan Asal Scan QR Code

Minggu, 27 November 2022 09:05 WIB
Ilustrasi QR Code. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi QR Code. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Lagi musim penipuan memakai QR Code. Kudu hati-hati ya,” kata @evaruuu. “Waspada, QR Code adalah jebakan batman,” ujar @FiinaDu. “Waspada penyalahgunaan QR Code,” timpal @ DPartosemito.

Akun @Nuhinainuinainu membenar­kan penipuan dengan menggunakan QR Code. Dia bilang, target dari penjahat siber yang menggunakan metode QR Code adalah pengusaha kecil dan para pedagang UMKM.

“Hati-hati modus penipuan QR Code. Bisa saja QR code yang kamu terima adalah senjata penjahat siber,” kata @ xyberID. “QR Code jadi serem kalau bisa buat penipuan,” sambung @vojiie.

Baca juga : Merdeka Belajar Dan Belajar Merdeka

Akun @yudistira1p2 mengaku masih bingung bagaimana caranya membeda­kan QR Code yang aman atau tidak. @ agrichche berusaha memberikan jawa­ban. Biasanya, kata dia, di atas atau bawah QR Code ada nomor rekeningnya. Nah, kata dia, nomor rekening itu harus dicek dulu, benar tidak nomor tujuan transfer.

“Apapun itu kalau berhubungan dengan uang harus teliti, cek dulu jangan asal,” imbuh @agrichche.

Akun @byoutifulmind mengungkap­kan, pernah beberapa kali mengalami penipuan dengan modus kirim QR Code. Kata dia, pembayaran langsung dan cara konvensional seperti transfer antar bank masih lebih aman ketimbang dengan QR Code.

Baca juga : Tim Satgas AP II Bantu Penanggulangan Bencana Gempa Cianjur

“Jangan diklik kalau penjual mengirim QR Code dengan alasan pembayaran bisa digital. Diingat saja ya gaes,” un­gkapnya.

Akun @snxwies punya cerita soal penipuan QR Code ini. Kata dia, te­mannya membeli barang di keranjang orang, dan seller-nya mengirimkan cara pembayaran via QR Code tidak meng­gunakan virtual account.

“Dan itu penipuan. Seller-nya malah marah-marah,” tutur @snxwies. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.