Dark/Light Mode

Jokowi Minta Relawan Pilih Pemimpin Yang Memikirkan Rakyat

Pengamat Politik: Itu Kode Untuk Ganjar Pranowo

Senin, 28 November 2022 18:01 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Selain itu Ganjar juga sering turun ke bawah menemui masyarakat. Program-program seperti tidur di rumah warga, gubernur mengajar, ngopi bareng warga desa, menggambarkan kedekatan gubernur dengan rakyatnya.

Dari sisi ekonomi, lanjut Fahlesa, Ganjar merevitalisasi 80-an pasar tradisional, membangun jalan-jalan desa untuk memudahkan akses produk pertanian.

Baca juga : Jokowi: Pemimpin Yang Mikirin Rakyat, Wajahnya Banyak Kerutan, Rambutnya Putih Semua

“Dia (Ganjar) bikin juga itu pembiayaan usaha dengan bunga ringan dan program promosi UMKM di Lapak Ganjar,” terangnya.

Program-program tersebut, menurut Fahlesa, sebenarnya secara teori popularitas tidak menguntungkan Ganjar. Sebab publik umum lebih menyorot kepala daerah yang punya program mercusuar atau membangun gedung-gedung besar.

Baca juga : Jokowi Sebut Pemimpin Yang Mikirin Rakyat Rambutnya Berwarna Putih, Kode Ke Ganjar?

Kepala daerah yang tak bangun Gedung megah atau yang berbentuk fisik, dianggap tidak berprestasi karena legacy-nya tidak terlihat. Tapi Ganjar tidak peduli itu.

“Ganjar tidak peduli dianggap tidak berprestasi, ia lebih memikirkan rakyatnya, bagaimana rakyatnya sejahtera, bagaimana rakyatnya bahagia. Ini mungkin yang dimaksud Pak Jokowi sebagai ‘pemimpin yang memikirkan rakyat’,” Beber Fahlesa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.