Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko New Comer Mengejutkan Di Pilpres 2024

Jumat, 2 Desember 2022 22:59 WIB
KSP Moeldoko. (Foto: Istimewa)
KSP Moeldoko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Political Statistics (Polstat) merilis hasil survei terbaru tentang kinerja pemerintahan Jokowi, khususnya kinerja para menteri di mata publik jelang Pemilu 2024. Hasilnya, 10 menteri atau pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II dinilai berkinerja baik.

Mereka di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Survei Polstat dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 10 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat. Margin of error +/- 2.8 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.

Baca juga : Zulhas: Ganjar Pantas Dicalonkan PAN Di Pilpres 2024

Ketika Polstat menanyakan kepada responden, dari sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II saat ini menurut Anda siapakah yang kinerjanya paling baik, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak disebut.

Sebanyak 16,2 persen responden menilai Menhan Prabowo sebagai menteri dengan kinerja paling baik. Kemudian sebanyak 11,3 persen menyebut nama Menparekraf Sandiaga Uno dan 10,8 persen menilai Menkeu Sri Mulyani sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

Selain Menhan Prabowo, Menparekraf Sandiaga dan Menkeu Sri Mulyani, nama-nama anggota Kabinet Jokowi yang juga dinilai berkinerja baik adalah Panglima TNI Andika Perkasa (9,2 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (6,7 persen), Menteri Sosial Tri Risma Harini (6,2 persen), Kepala Staf Presiden Moeldoko (6,1 persen), Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim (6,1 persen), Menko Polhukam Mahfud MD (5,8 persen), dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono (4,5 persen).

Menurut analisis Polstat, ada faktor obyektif dan subyektif yang mempengaruhi persepsi publik dalam menilai kinerja para menteri Kabinet Jokowi. Menteri Pertahanan, misalnya, mengapa dalam berbagai riset lembaga survei selalu menempati posisi teratas menteri dengan kinerja terbaik, tidak dapat disangkal karena Prabowo sangat fokus pada tugas yang diamanatkan kepadanya oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : Partai Garuda: Jokowi Punya Tanggungjawab Untuk Pengganti Dirinya Di Pilpres 2024

Sedangkan faktor subyektifnya adalah setiap responden yang memilih Prabowo sebagai capres dalam survei Polstat ini cenderung menyebut Menhan Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

Faktor subyektif mungkin juga mempengaruhi penilaian publik terhadap kinerja Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir yang namanya juga sering muncul dalam papan survei sebagai capres.

Di lain pihak munculnya nama-nama Menkeu Sri Mulyani, Mendikbud -Ristek Nadiem Makarim, dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono sebagai menteri dengan kinerja terbaik barangkali lebih dominan faktor yang bersifat obyektif.

Menkeu Sri Mulyani dan Menteri PUR Basuki selama ini memang dikenal publik sebagai pekerja keras dan juga fokus pada bidang tugasnya seperti halnya Menhan Prabowo.

Baca juga : 520 Pelari Ikut Perhutani Forest Run 2022

Sementara untuk Nadiem Makarim banyak responden yang menilai Mendikbud itu berkinerja baik, namun juga banyak yang menyebutnya berkinerja buruk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.