Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hoax, Letusan Semeru Bisa Picu Tsunami Hingga Ke Jepang, Ini Alasannya...

Senin, 5 Desember 2022 11:18 WIB
Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Minggu (4/12) dini hari. (Foto: BNPB)
Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Minggu (4/12) dini hari. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca luncuran awan panas guguran Gunung Semeru pada Minggu (4/12) dini hari, beredar kabar yang menyebutkan bahwa letusan gunung tersebut dapat membangkitkan tsunami, hingga ke negara Jepang.

Terkait hal tersebut, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan sejumlah analisis, kabar itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga : Yandri Susanto: Kepala Desa Kudu Jaga Kerukunan Jelang Pemilu

Sebab, Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut. Sehingga, potensi letusan/pyroclastic/partial collapse tidak sampai ke laut. Tak bisa membangkitkan tsunami.

Selain itu, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa.

Baca juga : Moeldoko Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM, Ini Alasannya

Sehingga, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang. Karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

"Berdasarkan analisis tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami, hingga ke negara Jepang, dipastikan tidak tepat," tegas Muhari dalam keterangannya, Senin (5/12).

Baca juga : Luhut Yakin, Kepercayaan Dunia Terhadap RI Meningkat Pasca KTT G20 Bali, Ini Alasannya...

Dia pun mengimbau seluruh masyarakat, agar hanya mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia.

Baik itu dari BNPB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah.  ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.