Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Pelantikan Panglima TNI

Yudo Sudah Sowan Ke Andika

Selasa, 6 Desember 2022 08:00 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memberi salam saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memberi salam saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pergantian pucuk pimpinan tertinggi di institusi TNI berjalan mulus, tanpa hambatan. Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi juga sudah direstui Komisi I DPR. Menjelang pelantikannya itu, ternyata Yudo juga sudah sowan kepada Jenderal Andika Perkasa.

Hari ini, DPR lewat sidang paripurna akan mengesahkan Yudo sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Selanjutnya, hasil paripurna akan dikirimkan ke Jokowi. Namun, kapan Jokowi akan melantik Yudo sebagai Panglima TNI masih belum ada pemberitahuan dari pihak Istana. Kemungkinan, pelantikan dilakukan sebelum Andika memasuki masa pensiun pada 21 Desember mendatang.

Sementara jelang masa tunggu itu, Yudo sudah bertemu dengan Andika. Pertemuan itu sekaligus menegaskan, bahwa antara Yudo dan Andika memang memiliki hubungan yang baik. Karena selama ini, keduanya rajin memamerkan kebersamaan. Baik di hadapan media massa, maupun yang terlihat dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.  

Berita Terkait : Khofifah Pastikan Jalur Evakuasi Erupsi Semeru Sudah Siap

Meski dari matra yang berbeda, Yudo kerap mengajak Andika menyusuri keindahan maritim Indonesia. Beberapa kali, Andika juga diajak menumpangi kapal perang milik Angkatan Laut.

“Kemarin saya sudah ke sana (ketemu Pak Andika) tentunya sebagai panglima TNI, sebagai senior saya, ya saya sowan ke sana. Sudah saya sudah ke sana,” kata Yudo di Mako Koarmada RI, Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin.

Jarak kantor Yudo dan Andika berdekatan. Hanya dibatasi beberapa gedung perkantoran. Makanya, Yudo memanfaatkan momen ini untuk sowan ke markas Andika. Padahal, hampir tiap waktu Yudo datang ke Mabes TNI.

Berita Terkait : Ucapkan Selamat Duluan, Ini Catatan Mahfud Untuk Panglima TNI Baru Yudo Margono

“Kalau saya datang, masuk ke situ ya sudah sama dengan ini kan sowan. Saya kira kita di dalam Komplek Cilangkap sana nggak perlu formal, langsung datang ke sana ya nanya. Sudah, sudah ke sana,” lanjutnya.

Suami AKBP Veronica Prihayati juga mengungkap beberapa visi-misinya yang dijual ke DPR. Antara lain, komitmen HAM Papua yang menjadi prioritas keempatnya menjadi orang nomor satu di institusi TNI. Dia bilang akan menjunjung tinggi persoalan HAM dalam reformasi birokrasi.

“Ya kita tetap menegakan HAM, menegakan hukum itu pasti akan kita lanjut yang sekarang dilaksanakan oleh Pak Andika Perkasa tentang itu akan saya lanjutkan,” jelas Yudo.
 Selanjutnya