Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sekjen PMI Sudirman Said Ingatkan Gerakan Palang Merah Untuk Bantu Korban Konflik

Selasa, 6 Desember 2022 22:11 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said. (Foto: Ist)
Sekjen PMI Sudirman Said. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said mengingatkan gerakan palang merah agar selalu siap membantu korban konflik. Hal itu, kata Sudirman, merupakan salah satu mandat PMI yang diatur oleh UU Nomor 1/2018.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Seminar dan FGD Nilai-Nilai Kemanusiaan kerja sama Komisi Palang Merah Internasional (ICRC), PMI, dan Fakultas Hukum Universitas Syah Kuala.

"Kita tidak berharap selalu ada konflik, tetapi bila muncul suasana konflik, maka gerakan kepalangmerahan harus selalu siap membantu korban, dari pihak manapun secara netral," ujar Sudirman, Selasa (6/12).

Mantan Menteri ESDM ini menyebut, ICRC dan PMI terus mensosialisasikan hukum humaniter atau nilai-nilai kemanusiaan.

Baca juga : PMJ-Relawan Turunkan Tim Trauma Healing Untuk Korban Gempa Cianjur

Secara ringkas, nilai-nilai kemanusiaan yang harus dijunjung tinggi adalah integritas fisik dan psikologis harus dihormati, serta martabat seksual harus dijamin.

Kemudian, anak-anak harus dilindungi, pihak yang terluka dan sakit harus dirawat dan dilindungi, fasilitas perawatan kesehatan dan personelnya harus dijaga.

Selain itu, bantuan kemanusiaan bagi mereka (korban konflik) harus difasilitasi, akses pendidikan harus difasilitasi, serta fasilitas pendidikan harus dihormati.

Selanjutnya, properti individu dan milik bersama, tempat ibadah harus dihormati, orang yang dalam pengawasan harus diperlakukan dengan hormat dan bermartabat, dan jasad manusia (yang wafat) harus ditangani dengan cara yang bermartabat.

Baca juga : BNPT Tingkatkan Pengamanan PT Kilang Pertamina Internasional

"Diyakini bahwa nilai-nilai kemanusiaan itu bersifat universal, hidup dan dilaksanakan di semua penjuru dunia," urai Sudirman.

Selain itu, dia juga mengajak semua kalangan untuk memperkuat jiwa kesukarelaan. Dia menegaskan, jiwa sukarela menjadi 'katup pengaman' yang diperlukan untuk dengan cepat mengatasi berbagai masalah kemanusiaan seperti bencana dan konflik.

"Bangsa kita adalah bangsa yang solidaritas sosialnya sangat tinggi. Sampai-sampai ada pengakuan bahwa Bangsa kita adalah bangsa paling dermawan," ungkap dia.

Dia melanjutkan, PMI bersama-sama dengan mitra gerakan dari seluruh dunia, menjalankan operasi kemanusiaan dengan menjunjung tinggi tujuh prinsip dasar gerakan.

Baca juga : Menpora: Liga 1 Sangat Penting Untuk Pembentukan Timnas

Ketujuhnya adalah kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, dan kesemestaan.

"Untuk memperkuat diseminasi, ICRC dan PMI bekerja sama dengan universitas di berbagai wilayah menggali kearifan lokal, berkaitan dengan nilai-nilai kemanusiaan itu," tandas Sudirman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.