Dark/Light Mode

Kasih Deddy Corbuzier Pangkat Letkol

Prabowo Ada-ada Aja

Sabtu, 10 Desember 2022 06:40 WIB
Deddy Corbuzier mendapat penghargaan pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat. Penghargaan itu diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Momen ini dibagikan Deddy di akun instagram pribadinya @mastercorbuzier, kemarin.
Deddy Corbuzier mendapat penghargaan pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat. Penghargaan itu diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Momen ini dibagikan Deddy di akun instagram pribadinya @mastercorbuzier, kemarin.

 Sebelumnya 
Selama berpangkat Letkol Tituler, terdapat beberapa aturan yang harus dijalani Deddy. "Deddy akan terikat dengan aturan militer. Pangkat tituler itu diberikan bersifat sementara selama yang bersangkutan menjalankan tugasnya. Termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas," terang mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah ini.

Namun, kritik terhadap langkah Prabowo ini tetap tidak bisa dibendung. Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi mengatakan, pemberian pangkat tituler ada aturannya, dan tidak bisa ke sembarangan orang. Pangkat ini diberikan kepada orang yang benar-benar mampu memimpin dan mengendalikan sejumlah prajurit.

Baca juga : Prabowo Berdoa Jadi Kenyataan

Dia mencontohkan almarhum Idris Sardi, seorang komponis besar Indonesia, yang sempat mendapat pangkat tituler. "(Beliau) itu terkait dengan tugasnya memimpin dan membina Korps Musik TNI. Pangkat diberikan karena dia harus memimpin dan mengendalikan sejumlah prajurit," ungkap Fahmi, kemarin.

Merujuk pada ketentuan dan kisah Idris Sardi, Fahmi mempertanyakan sikap Prabowo yang berani menyematkan pangkat tituler kepada Deddy. Fahmi belum melihat ada kontribusi nyata yang diberikan Deddy di bidang pertahanan.

Baca juga : Luhut Kembali Waswas

"Tugas apa yang diemban Deddy di lingkungan Kemhan-TNI, hingga mengharuskan dirinya menyandang pangkat tituler? Ini harus jelas. Pangkat tituler bukan hal main-main atau bisa diberikan suka-suka," tegas dia.

Pangkat baru Deddy ini juga turut menarik perhatian netizen. Tidak sedikit dari warganet meledeknya. "Kontrak berapa lama Om Ded?" tanya @apadilah20. "Baik. Jalur baru terbuka. TNI jalur podcast," timpal @NCTRXZ. "Waduh, Letkol jalur podcast bisa juga ya, baru tahu," sindir @integreet.

Baca juga : Ribuan Kader PKB Gaungkan Prabowo Presiden

Sedangkan akun @imaaam89 meminta Prabowo segera mengetes kemampuan Deddy. "Tes Om Ded ikut pasukan Kopassus sowan ke KKB Papua," sarannya. "Papua menanti tugasmu, Om. Siap menjadi garda terdepan. Goodluck," sambung @cahthableug. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.