Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resepsi Nikahan Kaesang-Erina Dari Pagi Sampai Malam

Jokowi Tetap Segar, Pengantennya Kelelahan

Senin, 12 Desember 2022 07:40 WIB
Presiden Jokowi, Ibu Iriana, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono menerima ucapan selamat dari para tamu, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Twitter Ganjar)
Presiden Jokowi, Ibu Iriana, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono menerima ucapan selamat dari para tamu, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Twitter Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama 3 hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana benar-benar super sibuk. Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sangat padat. Puncaknya kemarin, Jokowi dan keluarga menggelar ngunduh mantu dan tasyakuran. Ribuan tamu undangan hadir. Selama berjam-berjam, Jokowi dan Ibu Iriana tak lelah menyalami tamu undangan.

Setelah menggelar akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12) siang, Jokowi lanjut menggelar acara ngunduh mantu dan tasyakuran atau resepsi di Solo, kemarin. Acara ngunduh mantu ini digelar di Loji Gandrung atau rumah dinas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Prosesi adat ngunduh mantu ini, berlangsung sekitar satu jam. Selesai acara, Jokowi bersama keluarga, termasuk Kaesang dan Erina, lalu naik kereta kencana menuju Puro Mangkunegaran yang menjadi lokasi tasyakuran atau resepsi. Tiba di Puro Mangkunegaran, Kaesang dan Erina lalu naik ke pelaminan untuk menyambut para tamu yang ingin menyampaikan selamat dan doa untuk kedua mempelai.

Tamu yang datang ribuan. Saking banyaknya tamu yang diundang, panitia menggelar resepsi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang. Sesi kedua digelar malam hari untuk tamu VVIP. 

Baca juga : Cak Imin Pesan Ke Kaesang-Erina: Bangun Keluarga Butuh Perjuangan

Para tamu yang hadir sabar mengantre. Tak hanya di pintu masuk, tapi juga yang hendak naik ke pelamin. Mereka tampak antusias untuk bersalaman dan mendoakan kedua mempelai yang didampingi keluarga.

Jokowi pun dengan senyum yang ramah menyalami satu persatu tamu yang datang. Bahkan mempersilakan sejumlah tamu yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan ponsel atau kamera yang disiapkan. Sementara Sofiatun Gudono, ibunda Erina, tampak duduk di kursi saat menyambut tamu di pelaminan. Erina juga sesekali terlihat duduk.

Di antara tamu yang hadir, ada sejumlah tokoh dan pejabat seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  

Baca juga : Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Warganet Salut Sama Stamina Jokowi

Malamnya, sesi 2 acara tasyakuran digelar. Kali ini, tamu yang datang tidak membludak seperti di pagi dan siang hari. Maklum, di sesi kedua ini, khusus untuk tamu-tamu VVIP yang datang. Mulai dari Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri hingga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Resepsi pernikahan Jokowi ini disiarkan langsung di akun Presiden Jokowi. Tayang selama 6 jam, sampai tadi malam video tersebut ditonton 969 ribu  kali dan dibanjiri sejumlah komentar warganet. “Semoga Allah memberkahi kamu berdua,” tulis akun @achmadnabbani sambil menyematkan doa untuk kedua mempelai dalam bahasa Arab. “Pingin nyicipin cateringnya,” canda @SanNafiwaduh.

Selain itu, ada juga yang menyoroti banyaknya tamu yang datang dan antre untuk bersalaman. “Duh gila, sudah kaya orang tawaf,” tulis @Karniti. “Padahal di undangan acara resepsinya masih sampai jam 9 malam. Allahu akbar, gimana capeknya,” tulis @FifiCell.

Baca juga : Jokowi Bahagia Banget

“Pak De dan sekeluarga langsung ke tukang urut,” canda @Bid368. “Pak Jokowi vitaminnya apa ya? Kayak nggak kelihatan capek, padahal pengantinnya malah sudah keliatan capek,” ujar @Erlin.

“Kaesang sudah terlihat capek. Pak Jokowi masih bisa senyum-senyum sambil sesekali berbincang. Sehat selalu Pak Presiden,” sahut @TravellerKere. “Di sini ada tukang pijit hilangkan pegel seketika? Biar Kaesang nggak encok malamnya,” seloroh @Petok354.

”Ini salaman sampai malam, ini masih banyak,” ujar @IlhamOfficial. “Keren lah Pak Jokowi. Dibanding kerjanya dia yang muter-muter Indonesia, pasti salaman gini nggak capek,” kata @RiaDiana. “Bu Iriana baik banget ngajakin foto terus,” ujar @ErnaAgustia. “Pak Jokowi suka minum jamu jadi staminanya mantap, pernah lihat di akun YouTube gitu,” sambut @NurHayatiHasanah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.