Dark/Light Mode

Undian Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2024

Kocok Ulang Atau Tidak, Rakyat Sih Terserah Saja

Rabu, 14 Desember 2022 06:30 WIB
Partai Peserta Pemilu 2024. (Foto: Istimewa).
Partai Peserta Pemilu 2024. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Padahal, prosedur pemilu itu butuh pengaturan yang terukur dan pasti-pasti saja. Lagi pula nomor urut ini apa mend­esaknya ya?” kata @ajengcute16.

Akun @priohananto menyambung, beberapa partai sudah mengeluarkan pernyataan ingin memakai nomor lama. Namun, di Perppu malah dibuka ruang permasalahan, boleh memilih menggu­nakan nomor urut lama atau ikut pengun­dian nomor urut.

“Kocok ulang nomor urut parpol. Soalnya, ini Pemilu 2024, bukan 2019. Regulator jangan plin-plan,” tegas @ HDFriza.

Baca juga : KIB Pengen Jadikan Pemilu 2024 Pesta Rakyat Sesuai Harapan Publik

Menurut @masenha, yang terpenting adalah gambar partai politik itu sendiri,bukan nomor urutnya. Kata dia, gambar partai politik yang akan diingat masyarakat. Kata @Andy_Gunawan, pemilih akan mencoblos nama partai atau gambar.

“Bukan cari nomernya,” ujar @Andy_Gunawan.

Akun @Teguh mengaku heran, hanya gara-gara nomor urut partai politik ribut. Dia meminta petinggi parpol percaya diri saja, mau nomor urut berapapun kalau program-programnya bagus dan nyata pasti banyak rakyat yang akan milih.

Baca juga : Menangkan Golkar di 2024, Kosgoro 57 Gelar Festival Rakyat di Jabar

“Harusnya nomor urut parpol disesuai­kan dengan nomor urutan perolehan suara Pemilu 2019,” usul @John_Gleewoe.

Akun @AliBejo menjelaskan, kegiatan tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU dalam waktu dekat. Yakni pada 14 Desember 2022 penetapan partai politik (parpol) peserta pemilu, pengundian no­mor urut parpol dan pengumuman parpol Peserta Pemilu 2024.

“Rakyat lebih pilih kualitas parpolnya dan bukan nomor urut partai,” kata @ Gunarto.

Baca juga : Bagus Deh, Parpol Peserta Pemilu 2024 Makin Sedikit

Sementara, @harvens setuju dengan tidak berubahnya nomor urut parpol. Hal ini, kata dia, memudahkan untuk sosial­isasi pada saat kampanye nanti. Apalagi durasi kampanye cuma sebentar pada Pemilu 2024.

“Tanpa undian nomor urut, parpol bisa menghemat anggaran negara. Diajarkan untuk menghemat ko ngeyel lho,” ujar @Monggojamune. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.