Dark/Light Mode

Mumpung Pendaftaran Capres Belum Dibuka

Anies Baswedan Kudu Sowan Ke Prabowo

Kamis, 15 Desember 2022 07:40 WIB
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah elite Partai Gerindra kecewa betul dengan Anies Baswedan. Eks Gubernur DKI Jakarta itu belum sowan dan minta izin ke Prabowo Subianto, saat mau dicapreskan Partai NasDem. Padahal, Prabowo dan Gerindra telah berdarah-darah membantu Anies memenangkan Pilkada DKI. Sekarang, rasanya seperti ditelikung.

Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, wajar kader Gerindra kecewa.

“Politik dinamis. Semua poli­tisi harus siap dengan keadaan apa pun. Lawan jadi kawan, termasuk pengkhianatan dan penikungan,” kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Cawapres Anies Basisnya Kuat Di Jateng Dan Jatim

Dalam kasus Anies, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memang punya hak nyapres. Kendati begitu, Anies juga perlu menyuburkan keada­ban politik.

“Mumpung belum resmi cap­res KPU, temui Prabowo untuk sowan. Jika nanti bertarung, persaingan akan beradab,” im­baunya.

Koordinator relawan Anies dari Santri Aswaja An-Nahdliyah Indonesia, Muhammad Husnil menegaskan, Anies tak punya utang kepada Prabowo. Ibarat ibadah shalat, Anies sudah makmum ke Prabowo sampai salam.

Baca juga : Anies Telikung Prabowo

“Anies tidak pernah mufaroqoh, tidak pernah putus mak­mum kepada Prabowo. Bahkan saat ada godaan, Anies khusuk dan ikut sampai selesai salam,” kata Husnil kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sekadar informasi, dalam fiqih, mufaroqoh merupakan istilah teknis untuk menyebut makmum memilih tidak lagi mengikuti gerakan shalat dari seorang imam.

Diterangkan Husnil, saat mau maju Pilkada DKI Jakarta, Anies meminta izin kepada Prabowo untuk iqamah dan mensilakan untuk menjadi imam. Anies pun menjadi makmum. Lantas, banyak orang bergabung dalam jemaah ini.

Baca juga : Yudo Sudah Sowan Ke Andika

Di rakaat kedua, atau saat Pilpres 2019, ada beberapa orang yang mencolek Anies dan mengajaknya tidak lagi mengikuti gerakan shalat Prabowo alias mufaroqoh. Namun, Anies tidak tergoda dengan colekan itu. Anies memilih khusuk mengikuti semua gerakan Prabowo sampai salam.

“Anies mendukung penuh Pak Prabowo dan hadir dalam kampanye akbar kampanye Prabowo-Sandi di Gelora Bung Karno (GBK) 7 April 2019,” tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.