Dark/Light Mode

Buka Konferwil IPNU-IPPNU Jateng

Ganjar Ajak Santri Jadi Penegak Nilai Pancasila

Sabtu, 17 Desember 2022 08:23 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-17 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-16 Jateng di Ponpes API Syubbanul Wathon Secang, Kabupaten Magelang, Jateng, Jumat (16/12). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-17 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-16 Jateng di Ponpes API Syubbanul Wathon Secang, Kabupaten Magelang, Jateng, Jumat (16/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-17 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-16 Jateng di Ponpes API Syubbanul Wathon Secang, Kabupaten Magelang, Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengajak para santri dan santriwati untuk menjadi agen penegak nilai-nilai pancasila. Menurut Ganjar, hal tersebut bisa dilakukan mereka sambil belajar.

"Maka pelajar-pelajar ini sekaligus dia belajar, sekaligus sebenarnya dia bisa menjadi agen untuk melawan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan adat ketimuran atau pancasila," kata Ganjar di lokasi, Jumat (16/12).

Baca juga : Ganjar: Anak Muda Se Indonesia Boleh Merapat

Ganjar menjelaskan, ada banyak tantangan yang mereka hadapi dalam menjadi agen penegak nilai-nilai pancasila. Seperti narkoba, bullying, kekerasan, dan tantangan penggunaan teknologi informasi yang menyebabkan maraknya hoaks beserta pornografi.

"Ini kita sampaikan kepada mereka karena masa depan mereka begitu terbuka dan banyak di antara mereka memang harus disiapkan karena mereka berprestasi," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, organisasi kepemudaan seperti IPNU dan IPPNU telah melatih para santri dari segi kepemimpinan, kepengikutan, komunikasi, dan problem solving. Sebab itu, Ganjar optimis kedua organisasi ini dapat menyiapkan calon pemimpin hebat di masa depan.

Baca juga : Van Gaal Ngarep Jadi Pelatih Timnas Belgia

"Maka sebenarnya inilah yang kita harapkan ini menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat di manapun mereka berada. Mungkin di pemerintahan, mungkin di swasta, mungkin di TNI-Polri, atau mungkin mereka akan menjadi ulama-ulama besar nantinya," katanya.

Ganjar mengatakan, pihaknya siap mendampingi para santri dan santriwati ini menjadi agen penegak nilai-nilai pancasila. Ganjar ingin mereka menjadi inspirasi teman-teman sebayanya.

"Jadi ya ini kita mesti dampingi dan saya senang bisa diundang di acara hari ini bersama anak-anak hebat ini, mudah-mudahan mereka juga akan menjadi inspirator buat kawan-kawan yang seusia di seusianya," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.