Dark/Light Mode

Isi Liburan, Masjid Al Aqsha Delatinos BSD Gelar Khitan Massal

Sabtu, 17 Desember 2022 13:20 WIB
Proses khitan massal di Masjid Al Aqsha Delatinos BSD. (Foto: Ist)
Proses khitan massal di Masjid Al Aqsha Delatinos BSD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masjid Al Aqsha Delatinos Bumi serpong Damai (BSD) menyambut liburan akhir tahun kali ini dengan menggelar Khitan (sunat) massal bagi anak-anak dhuafa yang ada di sekitar masjid. Ini merupakan program tahunan yang sempat terhenti karena pandemi. 

“Alhamdulillah, sekarang kita bergerak lagi. Tahun 2018 lalu, pesertanya 217 anak. Dan kita akan selalu selenggarakan kegiatan sosial ini tiap tahun, bahkan ditambahi dengan pengobatan gratis yang melibatkan dokter-dokter spesialis,” kata Kabiro Kesehatan Masjid Al Aqsha, Dr Budi Kurniawan, Sabtu (18/12).

Sunatan massal dan pengobatan gratis ini memang dinanti banyak masyarakat di sekitar masjid, selain karena pas dengan liburan, anak-anak juga mendapatkan bingkisan dari masjid. Dan ini merupakan amal bakti masjid pada masyarakat sekitar. 

Baca juga : Imam Besar Masjid Al-Markaz Makassar: Bom Bunuh Diri Kegiatan Kekufuran

“Semua free, dana biaya pelaksanaan kami kumpulkan dari jamaah. Dan kami selenggarakan kegiatan ini dengan senang hati, jadi anak-anak suka. Ngobrol anak-anak dengan Jodhi dan Edwin Super Bejo serta ada juga pendongeng. Selain itu juga ada hadiah buat anak-anak yang berani sunat.” kata Ketua Pelaksana Khitan massa 2022 ini, Drg Silvia Andini.

Sunat ini diikuti oleh anak-anak dengan usia paling kecil 1,5 tahun dan paling besar 14 tahun. Tak ada wajah ketakutan bagi anak-anak yang siap disunat, karena anak-anak ini sebelum disunat juga diarak dulu memakai andong dan kereta kelinci sambil dikawal moge dan sedan polisi keliling komplek perumahan.

Edwin dan Jodhi Super Bejo tak ketinggalan menyiapkan mental dengan guyonan kocak, sehingga anak-anak menuju ruang sunat dengan suka cita, meskipun banyak juga juga yang nangis dan menjerit setelah sunat. 

Baca juga : Gaet Seniman, The Apurva Kempinski Bali Gelar Pentas Seni & Musik

Anak-anak yang disunat dengan metode klamp ini bisa langsung memakai celana dan berjalan, sehingga turun dari meja sunat mereka langsung tersenyum karena bisa mengambil bingkisan yang berisi baju koko, jajanan  dan uang saku.

Tehnik bedah sunat (sirkumsisi) metode klapm  ini adalah tindakan bedah kecil, dimana dokter akan membungkus penis dengan alat mirip tabung dan kulup yang akan dibuang dijepit menggunakan cincin penjepit khusus. Bahkan  Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan klamp sebagai metode sirkumsisi yang paling aman.

Para orang tua anak-anak yang dikhitan memberikan apresiasi yang tinggi dan berharap kegiatan serupa juga dilakukan tahun depan. “Kami mengucap banyak terimakasih, pelayanan dan kebaikan dalam acara ini, terutama hadiah dan hiburannya yang membuat anak-anak riang. Berkah buat semua,” kata Ibunda Noah dan Alfatheer yang barengan sunat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.